4 Tips Memulai Karir Menjadi Penulis
Siker.id | 09 May 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Hobi menulis sedari kecil pastilah sangat menyenangkan apabila bisa di kembangkan menjadi sebuah pekerjaan juga. Menjadi penulis dan berhasil pastinya juga membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. 

Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai karir menjadi penulis.

Baca juga : 4 Tips Untuk Menjadi Seorang Atlet

1. Cari referensi karya penulis yang menarik

Langkah pertama yaitu mencari referensi karya penulis terkenal yang menjadi idola kamu. Beberapa penulis yang terkenal yaitu Stephen King, Nora Roberts, Andrea Hinata, C.S. Lewis, Asma Nadia, Hanniburahman El Shirazy. Dengan ini, maka kamu akan tahu teknik penulisan yang baik dan menarik.

Ketika membaca, secara tidak sadar kamu akan mendapatkan pelajaran, diantaranya seperti alur penulisan, kalimat yang mengubah suasana emosi pembaca, dan juga menghindari typo.

2. Belajar menulis

Siapkan waktu antara 1 sampai 2 jam dalam satu hari untuk belajar menulis. Ketika kamu baru belajar menulis, pasti banyak kekurangan seperti alur yang berantakan, banyak typo, tidak ada ide padahal naskah belum selesai, dan lain sebagainya.

Inilah manfaat mencari referensi yang menarik untuk kamu jadikan acuhan dan juga pelajaran. Jika belum menemukan, maka kamu akan bingung menjadi penulis.

Baca juga : 3 Tips Tetap Belajar walau Disibukkan Kerja

3. Niat dan misi menulis harus imbang

Banyak penulis terkenal membagikan tips mereka dalam menulis secara gratis di media sosial ataupun online seperti Asma Nadia. Jika tulisan kamu sudah memberikan manfaat, secara tidak langsung pembaca merekomendasikan tulisan kamu kepada orang lain.

Menulis menjadi salah satu trik marketing online lewat sosial media, karena bagi mereka membagikan tulisan di media sosial adalah hal yang sederhana.

4. Tentukan target pembaca

Kamu harus menyesuaikan teks untuk ditujukan kepada pembaca dengan kategori seperti apa. Kalau tujuan kamu adalah menulis blog dan content marketing tentu memiliki tips yang berbeda. Tetapi walaupun berbeda hal umum yang perlu dilakukan tetap sama, yaitu menghindari kesalahan typing, mampu menciptakan emosi pembaca, serta alur cerita yang jelas.

Nah, itulah dia beberapa tips untuk kamu yang akan memulai menjadi seorang penulis, semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam memulainya ya.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Jaga Kesehatan Mental bagi Pekerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar