4 Hal yang Menunjukkan Kamu Penulis Sukses
Siker.id | 08 Feb 2022 15:05


Bagikan ke
Hal yang menunjukkan kamu seorang penulis sukses. (siker)

siker.id - Setiap penulis pasti ingin sukses dalam kepenulisannya, kan, ya. Namun perlu digarisbawahi bahwa, sukses itu bukan melulu tentang materi atau uang. Namun ada beberapa karakteristik yang juga menunjukkan bahwa ia adalah seorang penulis yang sukses.

Dengan fenomena yang sering terjadi, banyak sebagian penulis pemula yang terlalu mengejar ataupun teriming-iming oleh uang, sehingga ada beberapa hal penting lainnya yang terlupakan. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa jadi penanda kamu termasuk penulis sukses.

Baca juga: 4 Peran Penting Editor Bagi Penulis

Selalu konsisten dalam menulis

Konsistensi yang tinggi merupakan hal yang perlu dimiliki oleh setiap orang, khususnya penulis. Menulis setiap hari, harus menjadi sebuah aktivitas yang wajib bagi seorang penulis. Bahkan, jika mood sedang tidak baik pun, sebaiknya tulis saja secara spontan apa yang ada di dalam pikiranmu. Tidak berlu banyak, yang penting tulis saja.

Mampu membawa pembaca masuk dalam suasana tulisannya

Setiap penulis harus bisa menciptakan suasana ke dalam tulisannya. Entah itu sedih, senang, serius atau pun kecewa. Dimana nantinya, si pembaca dapat masuk dan merasakan suasana yang ada dalam tulisan itu. Nah, ini merupakan tantangan terbesar bagi seorang penulis. Yaitu, ia harus bisa memberikan feel terhadap tulisannya, hingga mampu dirasakan oleh pembaca.

Baca juga: 4 Profesi yang Cocok bagi Seorang Penulis

Tidak memberikan suguhan yang negatif

Penulis yang sukses adalah ia yang mampu memberikan suguhan tulisan yang baik dan mampu memberikan efek positif kepada pembaca. Perlu diingat bahwa, kamu menulis harus memiliki misi ataupun tujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan hal positif kepada pembaca. Jangan sampai kamu memberikan konten tulisan yang negative.

Memiliki inklusivitas tulisan terhadap pembaca

Seorang penulis, tidak serta-merta menulis begitu saja. Namun, penulis juga harus memperhatikan inklusivitas terhadap sebuah tulisannya. Seorang penulis, harus mampu membuat pembaca memahami isi dari sebuah tulisan yang kamu buat. Ingat, inklusivitas adalah ciri dari tulisan yang berkualitas. Jadi percuma jika kamu menulis, tetapi orang lain tidak bisa memahami perspektif isi tulisanmu itu.

Sekian artikel tentang hal yang menunjukkan kamu penulis sukses. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kendala yang Sering Dialami Penulis


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar