5 Profesi Menarik Dalam Industri Kreatif
Siker.id | 29 May 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, semakin banyak juga jalan menuju profesi di industri kreatif. Hampir semua bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan, dari menjadi pengisi suara iklan atau kartun, konten vlog, konten make up, dan banyak lagi. 

Nah, dibawah ini ada beberapa profesi yang menarik di industri kreatif yang bisa kamu pilih untuk menjadi karirmu.

Baca juga : 4 Alasan Make Up Artist Profesi Menjanjikan

1. Art director

 

 

Profesi pertama cukup populer, yaitu art director. Dikutip dari 99designsart director adalah semacam jembatan antara klien dan tim desainer serta pekerja kreatif lainnya.

Misalnya, ada klien yang ingin membuat sebuah iklan berisikan produk kebersihan. Art director bertugas untuk membuat iklan yang menarik, memastikan tak ada detail yang terlewat, agar klien pun senang.

2. Content creator

 

Selain content writer, profesi yang tak kalah ramai di job market industri kreatif saat ini adalah content creator. Content creator adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan konten, terutama dalam media digital.

Contoh paling mudah adalah para creator yang membuat berbagai macam konten di YouTube. Untuk menjadi content creator, kamu perlu memilih satu bidang, melakukan riset, dan menggodok konten yang ingin disajikan di media.

Baca juga : Yuk Kenali Apa Itu Profesi General Affair

3. Penyiar radio

 

Salah satu profesi yang juga cukup terkenal di industri kreatif adalah penyiar radio. Jika kamu suka mendengarkan musik dan skill komunikasimu bagus, pekerjaan ini bisa jadi cocok untukmu.

Dari dulu, penyiar radio menjadi salah satu orang yang mendengarkan musik rilisan terbaru, melakukan wawancara dengan musisi dan beragam tokoh publik lainnya.

4. Foley artist

 

Profesi selanjutnya ini cukup unik tetapi juga sangat dicari di industri kreatif, yaitu foley artist. Nah, di balik pembuatan film, foley artist adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat semua suara menjadi terdengar lebih realistis.

Misalnya, ada adegan yang berfokus pada seekor burung di langit. Foley artist akan menggunakan berbagai macam peralatan agar suara yang dihasilkan benar-benar menyerupai kepakan sayap burung.

5. Animator

 

 

Animator adalah seseorang yang membuat rangkaian gambar menjadi animasi, untuk tujuan produksi film, iklan, serial TV, dan video game. Kalau suka menggambar dan ingin belajar lebih lanjut mengenai bidang ini, di Indonesia sekarang ini sudah terdapat beberapa sekolah animasi.

Itulah dia beberapa profesi menarik di industri kreatif, sangat menarik bukan? Jika kamu memiliki basic skill dari salah satu profesi di atas, ada baiknya skill tersebut kamu asah jika memang sudah sangat sesuai passion dan hobi kamu.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Profesi Cocok Untuk Zodiak Cancer


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar