Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan
Siker.id | 19 Nov 2021 13:15


Bagikan ke
Perusahan saat ini membutuhkan legal officer dalam mengurus permasalahan yang berkaitan dengan dunia hukum. (siker)

siker.id - Dewasa ini, setiap perusahaan membutuhkan jasa seorang legal officer. Sebab hampir seluruh kegiatan operasional perusahaan membutuhkan perizinan dan otoritas pihak berwenang. Mulai kontrak, proposal, dan dokumen penting lainnya semua dimonitor tim legal. Melihat perannya yang cukup penting, banyak job seeker yang mengincar profesi satu ini. Bahkan diperkirakan pekerjaan legal officer akan terus berkembang sebesar 6% hingga tahun 2029. Berikut ini akan dijelaskan serba serbi legal officer.

Baca juga: Apa Dasar Hukum dan Prosedur Pendirian PT?

Pengertian Legal Officer

Legal officer adalah suatu profesi yang bertugas untuk menangani masalah hukum baik internal maupun eksternal, serta melakukan menjaga organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja agar terhindar dari permasalahan hukum. Legal officer bisa ditempatkan oleh suatu perusahaan swasta, agensi, dan berbagai bidang pekerjaan lainnya untuk mengatur legalitas serta izin perusahaan.

Deskripsi Pekerjaan Legal Officer

1. Memberikan Nasihat Hukum

Legal officer diharapkan memberi pengarahan kepada dewan direksi terkait masalah hukum, potensi risiko, dan tindakan yang perlu mereka ambil. Kegiatan ini melibatkan penerjemahan istilah hukum yang rumit menjadi bahasa yang dapat dipahami semua orang. Hal ini juga mempertimbangkan semua kemungkinan risiko sebelum membuat rekomendasi apa pun.

2. Mengelola Semua Dokumen Legal

Tugas legal officer berikutnya adalah mengelola semua dokumen legal milik perusahaan. Legal officer sering kali perlu menulis dan meninjau dokumen seperti kontrak kerja, perjanjian partnership, sertifikat saham, dan lain-lain. Tanggung jawab ini merupakan bagian penting dari pekerjaan sehari-hari mereka yang membutuhkan fokus dan ketelitian yang tinggi.

3. Melakukan Riset

Dikarenakan regulasi selalu mengalami perubahan, seorang legal officer wajib aktif meneliti sumber daya hukum seperti artikel, undang-undang, dan keputusan pengadilan. Inisiatif ini akan memungkinkan perusahaan untuk tetap mengikuti perkembangan regulasi yang ada.

4. Mengidentifikasi Risiko

Idealnya, seluruh permasalahan hukum perusahaan adalah sebuah risiko yang harus dihentikan sebelum dimulai. Inilah mengapa legal officer harus secara teratur menganalisis tindakan dan keputusan perusahaan untuk mengidentifikasi risiko yang bisa timbul. Mereka juga diwajibkan untuk memberi saran agar perusahaan bisa terhindar dari risiko yang ditemukan.

5. Mengadakan Sosialisasi

Ketika perusahaan sedang mengalami masalah hukum yang cukup besar, tugas legal officer adalah mengadakan sosialisasi dan pengarahan. Mereka perlu memberikan penyuluhan terkait hal-hal yang harus mereka hindari agar reputasi perusahaan bisa terjamin.

Baca juga: Apa Dasar Hukum Pengaturan Jam Kerja Perusahaan?

Syarat Menjadi Legal Officer

Jika Anda tertarik untuk bekerja menjadi Legal Officer, tentunya terdapat beberapa persyaratan atau kualifikasi yang harus dipenuhi. Syarat pertama dan yang paling utama adalah memiliki gelar sarjana hukum setingkat Diploma atau Strata 1 (S1). Hal itu sudah menjadi syarat wajib dan mutlak diperusahaan manapun juga. Selain memiliki gelar dalam bidang hukum, Anda juga bisa mengikuti praktik magang di berbagai firma hukum atau perusahaan agar bisa menambah pengalaman kerja serta wawasan dalam bidang penasihat hukum. Lebih lengkapnya syarat menjadi seorang legal officer adalah:

• Memiliki gelar sarjana dari fakultas hukum

• Kemampuan penulisan dan komunikasi verbal yang mumpuni

• Teliti dan kritis

• Skill negosiasi yang tinggi

• Kemampuan administratif yang baik

Skill yang Wajib Dikuasai Legal Officer

Agar bisa menguasai tugas dan tanggung jawab, ada beberapa skill khusus yang wajib dikuasai agar bisa menjadi Legal Officer profesional.

Skill Inti

Terdapat beberapa skill inti yang wajib dikuasai untuk menjadi seorang legal officer, yaitu:

• Skill komunikasi baik verbal maupun non verbal yang cukup baik.

• Skill kepemimpinan.

• Pengetahuan tentang hukum serta peraturan negara yang sedang berlaku.

• Dapat melakukan pekerjaan secara detail.

• Keterampilan negosiasi yang baik.

• Kemampuan untuk menyiapkan seluruh dokumen hukum secara kompleks.

• Keterampilan administrasi.

• Kemampuan dalam menganalisa yang baik.

Skill Lanjutan

Setelah menguasai skill ini, terdapat juga skill lanjutan yang umumnya dibutuhkan, yaitu:

• Pengalaman dan pengetahuan terhadap industri tempat mereka bekerja.

• Bisa menguasai lebih dari 1 bahasa.

Skill Penguasaan Alat/Perangkat

Selain skill-skill di atas, ada pula skil yang berkaitan dengan penguasaan alat/perangkat, yaitu:

• Kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Office.

• Dapat menggunakan peralatan kantor seperti halnya mesin fotokopi, printer, atau fax.

• Menguasai sistem telekomunikasi.

• Menguasai sistem komunikasi digital.

Sekian artikel tentang tugas legal officer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Pengertian dan Dasar Hukum Dari Masa Probation?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar