Apa Saja Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Industri?
Siker.id | 07 Nov 2021 12:00


Bagikan ke
Prospek kerja Teknik Industri yang luas menjadi salah satu alasan kenapa jurusan ini sangat diminati di jenjang pendidikan tinggi. (siker)

siker.id - Prospek kerja lulusan teknik industri yang luas menjadi salah satu alasan kenapa jurusan ini sangat diminati di jenjang pendidikan tinggi. Bahkan peluang kerja Teknik Industri mencakup bidang manufaktur, manajemen industri, serta tekno ekonomi dan sistem industri. Teknik Industri sendiri merupakan salah satu jurusan teknik interdisipliner. Maka tak heran bila Sarjana Teknik dari jurusan ini memang serba bisa. Apa sajakah peluang kerja terkait lulusan teknik industri?

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hukum?

1. Product Analyst

Jika Anda seorang Product Analyst, Anda akan menganalisis produksi, mengendalikan kualitas produksi, mengoptimalkan serta memelihara alat-alat produksi, mengendalikan produksi, hingga menilai keseluruhan produksi. Hasil analisa nantinya akan berpengaruh pada efisiensi dan efektivitas produksi suatu industri.

2. Engineering Manager

Engineering merupakan salah satu divisi perusahaan dengan prospek Teknik Industri yang baik. Pada umumnya jabatan Engineering Manager diraih setelah seorang Sarjana Teknik memiliki pengalaman minimal lima tahun bekerja di bidang engineering. Seorang manajer di Divisi Engineering bertugas menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Adalah tanggung jawab seorang Engineering Manager untuk memastikan ketuntasan proyek-proyek penting dan tugas-tugas engineering.

3. Project Manager

Inilah prospek Teknik Industri yang tak kalah menggiurkan: Project Manager. Seorang Project Manager memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan men-direct agar suatu proyek tuntas dikerjakan. Project Manager pula yang harus memastikan bahwa proyek tersebut tepat waktu, sesuai budget, dan dalam lingkup yang tepat. Communication skill yang baik sangat dibutuhkan pada jabatan Project Manager ini. Tak hanya komunikasi dengan seluruh anggota tim, tapi pekerjaan Teknik Industri yang satu ini membutuhkan komunikasi yang baik dengan para stakeholders.

4. Cost Control Engineer

Seorang Cost Control Engineer akan membuat kalkulasi biaya, tenaga, dan waktu yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi.

Baca juga: Kamu Lulusan Komunikasi? Berikut Prospek Kerjanya!

5. Health and Safety Environment Engineer

Tugas Anda sebagai seorang Health and Safety Environment Engineer adalah menganalisa prosedur kerja dan lokasi serta dampaknya pada kesehatan dan keselamatan pekerja. Selain itu tugas HSE Officer dalam prospek Teknik Industri ini mencakup inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, menganalisis lokasi proyek dan mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja menjadi tugas divisi HSE.

6. Quality Control Engineer atau Quality Controller

Berada pada akhir atau hilir proses produksi, seorang Quality Control Engineer harus memastikan bahwa semua produk final telah memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Alumni Teknik Industri yang kemudian bekerja sebagai seorang Quality Controller dikenal sebagai Quality Control Engineer. Jika Sobat Pintar nanti menjalani pekerjaan Teknik Industri ini, tugasmu adalah memeriksa apakah produk yang akan dilepas ke pasar sudah memenuhi standar kualitas yang ditentukan.

7. Logistic Specialist

Sebagai seorang Logistic Specialist, kamu akan menganalisa dan mengatur rantai pasokan produksi. Proses sedari datangnya bahan baku sampai distribusi ke konsumen seluruhnya berada dalam cakupan kerjamu.

8. Konsultan

Seorang lulusan Teknik Industri akan terlatih untuk berpikir secara sistematik dan integratif, dua kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh seorang konsultan. Maka tak jarang lulusan Teknik Industri berprofesi sebagai seorang konsultan.

9. Wirausahawan

Wirausahawan atau entrepeneur juga bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi lulusan Teknik Industri. Memang cukup berisiko, tapi Anda bisa melihatnya sebagai tantangan. Anda bisa menggunakan kemampuan merancang dan mengatur industri untuk memulai dan menerapkan prinsip-prinsip yang sama pada bisnis dibidang apapun.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Teknik industri. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Lulusan Akuntansi Kerja di Bagian Apa?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar