Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana
Siker.id | 09 Nov 2021 17:25


Bagikan ke

siker.id - Jaman sekarang, mencari pekerjaan memang sangat sulit apalagi pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Sedikitnya lowongan pekerjaan yang terbuka membuat banyak pengangguran bertebaran sana sini.

Bahkan yang sudah memiliki ijazah sarjanapun banyak yang menjadi pengangguran. Kurangnya kompetensi dan keahlian membuat seseorang akhirnya kalah bersaing dan minim ide untuk membuka usaha ataupun berbisnis.

Selain itu, banyak juga orang menjadi pengangguran karena gengsi. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakoni namun mereka gengsi karena gajinya kecil, belum lagi kalau dilihat sama teman sekolahnya, malu katanya. “Kuliah tinggi-tinggi kok jadi kuli”. Yah kira-kira begitulah pikirnya sehingga gengsi untuk bekerja.

Baca juga: Lalai Daftarkan BPJS, Pengusaha Kena Sanksi?

Dengan latar belakang pendidikan yang bermacam-macam, aneka pekerjaan yang di dapatkan tak sama. Bagi yang beruntung akan mendapat pekerjaan dan gaji yang bagus, namun bila yang tak beruntung akan merasakan sebaliknya dimana pekerjaan yang di dapat berat namun gaji yang di dapat tidak sesuai dengan apa yang dikerjakan. Tak dapat dipungkiri gaji adalah sesuatu yang diharapkan dan menjadi motivasi seseorang dalam bekerja, karena dengan adanya gaji membuat seseorang bisa semangat bekerja. Namun bekerja bukan hanya sekedar soal gaji semata akan tetapi juga kontribusi dan juga kinerja menjadi pertimbangan pemberi gaji untuk menilai seseorang layak diberi gaji tinggi atau tidak.

Namun jika dipikir secara matang, lebih baik bekerja dengan gaji kecil daripada menjadi pengangguran kemudian membebankan kedua orang tua. Sampai kapan kamu akan menunggu pekerjaan yang kamu dambakan? Berdiam diri tidak akan merubah nasibmu.

Baca juga: Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan

Kasihan juga orang tuamu yang harus membiayai kehidupan anaknya padahal anaknya sudah mempunyai kemampuan untuk mencari nafkah sendiri. Sedangkan orang tuamu masih punya banyak keperluan yang harus dipenuhi.

Bekerjalah meskipun dengan penghasilan (gaji) kecil. Jangan malu bekerja walau sebagai tukang sampah, jadi kuli, dan lain sebagainya. Tuhan menambah dan menutup (mengurangi) rejeki bukan melihat dari kedudukan pekerjaan, tapi melihat dari cara kita bekerja, apakah dengan cara halal atau haram. Pekerjaan akan menjadi lebih berkah bila tidak melupakan Tuhan dan bersedekah.

Jangan gengsi untuk bekerja, pekerjaan sekecil apapun itu tetap kerjakan. Gaji kecil lebih baik daripada menjadi pengangguran dan membebankan orang tua.

Sekian artikel Bekerja dengan Gaji Kecil atau Mengganggur? Pilih Mana. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Mengapa Undang-Undang Ketenagakerjaan Penting?

 

 


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar