Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan
Siker.id | 05 Nov 2021 14:45


Bagikan ke
menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik, justru akan membuatmu rugi waktu. Tetapi nyatanya, sangat sulit untuk terlepas dari kebiasaan buruk ini

siker.id - Problematika yang sering dialami seseorang adalah kebiasaan menunda-nunda suatu pekerjaan. Waktu yang harusnya kamu gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan malah kamu habiskan untuk menonton televisi atau bahkan menjelajahi medsos berjam-jam. Ketika pekerjaanmu mendekati deadline, barulah kamu panik dan buru-buru mengerjakan. Pada saat itu kamu akan membuat janji-janji palsu bahwa dirimu tidak akan menunda pekerjaan lagi, tetapi pada akhirnya hal itu terulang.

Tentunya kamu sadar bahwa menunda bukanlah hal yang baik, justru akan membuatmu rugi waktu. Tetapi nyatanya, sangat sulit untuk terlepas dari kebiasaan buruk ini. Nah, daripada terus mengulangi pola menunda pekerjaan dan terus-terusan menyesal, coba yuk terapkan mindset-mindset sederhana di bawah ini! Dijamin ampuh untuk membuatmu berhenti melakukan prokrastinasi.

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya

1. Tetapkan niat dan tujuan

Sebelum mengerjakan tugas, pastikan kamu telah mengumpulkan niat. Tanpa ada niat, kamu tidak akan bisa menyelesaikan tugas hingga akhir. Kebiasaan menunda tidak bisa diperbaiki oleh orang lain atau dari faktor eksternal, seperti teman, keluarga, atau saudara. Jika kamu telah menetapkan niat untuk menghindari menunda pekerjaan, pastikan niat tersebut tetap konsisten hingga akhir.

2. Buatlah rencana kerja

Buatlah rencana kerja harian berikut target penyelesaiannya. Target pekerjaan tidak termasuk agenda menonton televise, bermain game sebab itu hanya dilakukan di waktu luang. Identifikasikan juga tugas-tugas yang seharusnya Anda lakukan. Anda juga bisa membentangkan rencana ke depan seperti rencana proyek, rencana usaha butik, menyelesaikan menulis buku atau penelitian.

3. Singkirkan hal-hal yang mengganggu

Gadget bisa jadi salah satu hal yeng mengganggu konsentrasi kita saat mengerjakan sesuatu.

Makanya, ketika kita mau buat PR atau melakukan satu pekerjaan, perlu sekali untuk singkirkan segala hal yang bisa mengganggu konsentrasi.

Paling sering sih kita keganggu sama HP, jadi matikan dulu gadget yang satu itu. Kadang TV dan internet juga jadi pengganggu yang enggak kita sadari.

Baca juga: Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya

4. Lakukan Teratur dan Disiplin

Rencana – rencana harus dilakukan secara berurutan, teratur untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan. Jika Anda tidak sistematis melaksanakan rencana tersebut maka penundaan akan semakin sering dialami. Anda harus memastikan diri dan lingkungan dalam keadaan rapi dan terorganisir. Menjadi disiplin akan sangat membantu ketika melaksanakan rencana-rencana tersebut sampai kebiasaan menunda pekerjaan hilang dari diri Anda.

5. Adakan sistem penghargaan

Berikan penghargaan kepada diri sendiri jika Anda sudah bisa menyelsaikan pekerjaan tepat waktu. Menghadiahi diri sendiri bisa dengan mengadakan “me time”, memanjakan diri, berlibur, melakukan hobi yang tertunda karena mengejar deadline dan sebagainya. Member hadiah pada diri sendiri akan membuat Anda selalu bahagia sehingga menjadi motivasi Anda untuk lebih professional saat bekerja. Stop Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Baca juga:   Bagaimana Payung Hukum Terkait Pekerja Freelance?

Sekian artikel Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

 


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar