Apa Itu Reporter dan Perannya Dalam Dunia Media?
Siker.id | 19 Nov 2021 14:00


Bagikan ke
Dunia pemberitaan tanpa adanya reporter memang krang lengkap, itulah kenapa reporter merupakan ujung tombak pemberitaan saat ini. (siker)

siker.id - Media merupakan salah satu hal yang kita konsumsi setiap hari baik media cetak atau media elektronik. Informasi yang disediakan oleh media tentunya ada campur tangan serta pengorbanan para reporter. Tanpa adanya mereka, informasi tidak akan sampai ke pada khalayak. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia media untuk menjadi reporter, cari tahu dulu apa saja tugas, tanggung jawab reporter serta perkembangan kariernya:

Baca juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?

Pengertian Reporter

Repoter ialah salah satu jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan dilapangan dan melaporkannya ke pada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet, atau pun secara lisan bila laporannya disampaikan melalui media elektronik radio atau televisi. Hasil kerja repoter, baik merupakan naskah tulisan ataupun lisan, umumnya harus melalui penyutingan redaktur atau produser berita sebelum bisa disiarkan kepada publik.

Tugas dan Tanggung Jawab Reporter

1. Mengungkap Latar Belakang Sebuah Berita

Sulitnya tugas seorang reporter adalah pada poin ini, dimana dia harus mengungkap latar belakang dari sebuah berita yang didapatkan oleh seorang wartawan. Berita yang dibawa oleh seorang wartawan ini nantinya harus dapat dibedah oleh seorang reporter berdasarkan spekulasi yang mengarah kepada fakta kejadian.

2. Menggali Persoalan Dan Menjelaskan Keterkaitan Berita

Meski reporter hanya melanjutkan tugas wartawan, nyatanya tidak semua orang bisa bekerja sebagai reporter, hal tersebut dikarenakan syarat menjadi reporter tidak dimiliki setiap orang. Seorang reporter harus cerdas dan pandai dalam menganalisis sebuah kasus sebelum nantinya disampaikan kepada masyarakat. Bukan hanya itu, seorang reporter juga harus pandai mengaitkan peristiwa yang terjadi dengan peristiwa lainnya yang telah atau sedang terjadi saat ini.

3. Tampil Profesional dan Komunikatif

Pernahkah Anda melihat reporter yang sedang menyiarkan berita tampil apa adanya seperti menggunakan kaos atau celana pendek? Tentu tidak pernah bukan? Hal tersebut membuktikan bahwa untuk menjadi seorang reporter seseorang dituntut agar selalu tampil profesional. Selain tampil profesional, untuk menjadi seorang reporter seseorang juga dituntut untuk dapat tampil komunikatif. Tujuannya adalah agar dapat menarik minat keingin tahuan pemirsa akan sebuah berita.

4. Menaati Regulasi Jurnalistik

Menaati regulasi jurnalistik adalah bahwa ketika melakukan tugasnya yaitu menyiarkan berita, seorang reporter dilarang keras menyiarkan berita dengan mengikut sertakan maksud khusus pihak tertentu kedalam berita yang disiarkannya karena hal tersebut bertentangan dengan regulasi atau kebijakan jurnalistik. Ketika menyiarkan sebuah berita, seorang reporter dilarang melakukan intervensi menyudutkan pihak lain dengan tujuan mencari koloni oleh oknum tertentu.

Baca juga: Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini

5. Menyiarkan Berita Berdasarkan Fakta

Ini adalah poin yang harus dipegang secara kuat oleh seorang reporter baik itu sebagai reporter pemula maupun reporter kawakan. Dimana setiap berita yang mereka siarkan haruslah berdasarkan fakta dan bukan berdasrkan hoax agar si penerima berita tidak terpengaruh berita bohong yang akan berdampak pada perdebatan dan menimbulkan perpecahan.

Skill Yang Harus di Kuasai Reporter

Untuk terjun langsung dalam dunia reporter, ada beberapa keahlian dan kualifikasi yang harus Anda penuhi. Di antaranya adalah:

1. Kemampuan Observasi dan Sikap Obyektif

Pada dasarnya manusia memiliki kemampuan alami untuk mengobservasi keadaan atau lingkungan sekitar. Untuk menjalani pekerjaan ini Anda harus mempertajam kemampuan observasi. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah Anda harus dapat berpikir secara analitik untuk membuang subjektivitas dalam membuat berita. Oleh karena itu, riset dan data menjadi sangat penting untuk menjadi dasar dalam pembuatan berita agar emosi penulis tak terlibat.

2. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Agar dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik, Anda harus mengasah rasa ingin tahu agar lebih besar. Untuk mencari sebuah berita dibutuhkan keingintahuan yang sangat tinggi agar bisa mengorek informasi sedetail mungkin. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara lengkap yang dibutuhkan oleh audiens dan bukan hanya sekadar ‘kulitnya’ saja.

3. Kemampuan Berkomunikasi

Untuk menjadi seorang reporter, kemampuan komunikasi sangat diperlukan. Mulai dari komunikasi secara verbal maupun lewat tulisan. Dalam pekerjaannya, tak jarang reporter harus melakukan wawancara kepada narasumber atau bahkan live report di televisi.

4. Kemampuan Interpersonal

Seorang reporter wajib memiliki kemampuan interpersonal dalam menjalankan tugasnya mencari berita. Interpersonal adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja. Hal ini bermanfaat ketika tengah melakukan tugas peliputan. Contohnya kamu harus memiliki empati jika meliput berita musibah.

Sekian artikel tentang tugas reporter. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Legal Officer: Definisi dan Tugasnya Dalam Perusahaan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar