Apa Tugas dan Fungsi Seorang Programmer?
Siker.id | 19 Nov 2021 13:30


Bagikan ke
Dunia yang serba digital saat ini membuat perusahaan baik yang skala kecil maupun besar membutuhkan programmer dalam mewujudkan usaha dalam digital. (siker)

siker.id - Programmer adalah salah satu jenis pekerjaan yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi digital saat ini. Itulah salah satu alasan mengapa tugas programmer tidak akan bisa dikerjakan oleh orang yang buta dengan perkembangan teknologi. Secara umum, masyarakat mengenal programmer sebagai jenis pekerjaan yang dilakukan untuk membuat program baik berupa aplikasi, atau game. Padahal, secara lebih luas, tugas programmer sebenarnya lebih banyak dan sulit dibandingkan dengan sekadar membuat program saja. Berikut ulasannya:

Baca juga: Lulusan Elektro? Coba Peluang Kerja Ini

Pengertian Programmer

Pengertian programmer atau pemrogram merupakan sebutan untuk orang memiliki kemampuan dalam menuliskan serangkaian instruksi menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Selain itu, programmer juga bertanggung jawab atas kesalahan atau debug yang terjadi dan menambahkan fungsi-fungsi baru didalamnya. Nantinya, program yang telah selesai itu akan diperkenalkan kepada perusahaan terkait atau dapat digunakan oleh masyarakat umum. Menjadi seorang programmer, bisa dipelajarinya secara otodidak. Anda dapat mempelajari setiap langkah-langkahnya melalui internet. Dengan begitu, keahlian programmer dapat diasah sejak dini tanpa harus menempuh pendidikan secara formal.

Tugas dan Tanggung Jawab Programmer

Saat ini, menjadi programmer merupakan pekerjaan yang paling banyak dicari. Pasalnya, industry Digital yang semakin maju ini, membutuhkan semakin banyak programmer. Berikut tugas seorang programmer:

• Merancang Tampilan Program, Programmer akan membuat sketsa alur aplikasi, kemudian membuat tampilan grafis

• Menulis Kode Program, Tugas paling penting untuk memindahkan grafis tadi (bentuk flowchart) menjadi kode program

• Mendefinisikan Kebutuhan, menentukan jenis platform serta tools yang akan dibuat, yang sesuai keinginan klien

• Melakukan Debug Program, mengecek jika terjadi kesalahan atau error pada suatu aplikasi

Baca juga: Berikut Ini 10 Peluang Kerja Lulusan Sistem Informasi

Adapun yang menjadi tanggung jawab seorang Programmer, sebagai berikut:

• Menyusun serta menulis dokumentasi program yang sedang dalam pengembangan, kemudian memasukan komentar dalam kode instruksi agar orang lain dapat memahami mengenai program terkait

• Melakukan percobaaan terhadap program yang dijalankan, serta memastikan bahwa program tersebut sudah sesuai instruksinya

• Menemukan urutan instruksi agar dapat memecahkan masalah yang diberikan

• Melakukan perluasan, perbaikan dan revisi secara langsung, untuk meningkatkan kinerja suatu aplikasi atau program yang dibuat

• Melakukan analisis, meninjau serta menulis ulang program, menggunakan diagram alur atau grafik, untuk mengetahui kemampuan komputer, logika simbolik dan lain sebagainya

• Melakukan konsultasi dengan manajerial, teknik serta tenaga teknisi, agar dapat menjelaskan maksud program yang dibuat, mengidentifikasi masalah serta menyarankan jika perlu ada perubahan

Syarat Menjadi Programmer

Agar bisa menjadi seorang programmer di perusahaan, maka syarat-syarat berikut harus dipenuhi:

1. Mengerti Teknologi

Seorang programmer wajib mengerti teknologi, karena pekerjaan utamanya adalah mengerti bahasa teknologi.

2. Pendidikan Minimal S1

Semakin tinggi pendidikan seseorang di bidang IT, maka semakin besar kemungkinan ia diterima bekerja di perusahaan ternama. Namun tidak menutup kemungkinan perusahaan ada yang menerima lulusan SMA yang sudah mahir.

3. Berpengalaman

Selain pendidikan, lamanya pengalaman menjadi seorang programmer walaupun bersifat autodidak juga menjadi pertimbangan penting diterimanya seseorang bekerja sebagai programmer.

4. Mengerti Bahasa Pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman yang ada dalam dunia teknologi. Untuk menjadi seorang programmer, maka syarat wajib nya harus tahu bahasa pemrograman minimal 2.

Sekian artikel tentang tugas programmer. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Buat Lulusan Managemen Informasi?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar