Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD
Siker.id | 07 Nov 2021 09:55


Bagikan ke
Tidak hanya mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan rekruter saat interview, kamu juga harus berlatih bahasa tubuh yang baik.

siker.id - Sebagai pencari kerja, tentunya mempunyai CV yang menarik, pengalaman kerja yang baik, hingga pendidikan yang tinggi adalah sebuah hal penting. Namun, banyak yang tak menyadari bahwa tahap interview langsung adalah hal paling penting dari itu semua. Banyak orang mencoba menyiapkan tanggapan yang bagus untuk pertanyaan potensial pewawancara.

Tapi mungkin apa yang kamu katakan tidak sepenting bagaimana kamu mengatakannya. Dalam arti, bahasa tubuh adalah yang paling dinilai si pewawancara. Banyak HRD ulung yang berpendapat bahwa bahasa tubuh dapat mengatakan segalanya tentang potensi calon pekerja. Karena itu, tak sedikit yang akhirnya gagal di tahap ini. Jika tak mau terus menerus menganggur.

Baca juga: Wawancara Kerja Lewat Telepon? Ini Tipsnya

Berikut tips psikologi bahasa tubuh untuk kamu terlihat menjanjikan di depan HRD.

1. Menyapa HRD dengan Senyuman

Salah satu sikap awal yang memberikan kesan baik kepada HRD adalah menyapa dengan senyuman. Hal ini menandakan kamu merupakan calon karyawan yang percaya diri, tidak pemalu, dan tidak gugup.

Selain itu, senyum juga memberikan kesan bahwa kamu merupakan orang yang hangat dan antusias. Berbeda jika saat pertama kali bertemu dengan HRD namun kalian malah melontarkan tatapan yang sinis. Bisa bisa kesan pertama si HRD saat melihat kamu akan jadi buruk banget. Duh, jangan ya sobat alumni!

2. Badan Tegak dan Pandangan lurus ke depan saat duduk

Jangan salah, posture duduk juga menjadi penilaian banyak HRD saat melakukan wawancara, loh! Duduklah dengan posisi badan tegak dan pandangan lurus ke depan, hal ini menandakan kamu adalah orang yang akredibilitas dan menghormati HRD. Jangan sekali sekali duduk dengan posisi duduk yang membungkuk ya sobat alumni, karna itu akan menggambarkan bahwa kalian tidak percaya diri. Jadi, usahakan posisi duduk tegak tapi tetap rileks dan jangan tegang, ya!

3. Kontak Mata dengan HRD saat berbincang

Sama seperti menyapa dengan senyuman, melakukan Kontak Mata dengan HRD atau pewawancara juga memiliki peran penting dalam penilaian saat interview, loh. Kontak mata menunjukkan keberanian dan percaya diri, namun harus tahu batas juga ya sobat alumni! Jangan sampai kalian malah melototi mereka, karena itu dapat membuat kesan bahwa kamu menantang. Sebaliknya, menghindari kontak mata bisa dianggap kamu tidak jujur dan gugup. Jadi tetap perhatikan batasan batasan yang ada, ya!

Baca juga: Lulusan Ekonomi? Inilah Prospek Kerja Kedepannya!

4. Gunakan Pergerakan Tangan saat Berbicara

Menggunakan pergerakan tangan saat berbicara menandakan kamu adalah orang yang terbuka dan orang yang ramah/ceria. Tapi, saat melakukan interview tetap ingat batasan batasan yang ada, ya! jangan membuat banyak gerakan tangan yang tidak perlu, sebab hal ini justru akan menunjukkan kegugupan dan rasa tidak nyaman pada diri.

5. Mengangguk saat menyimak HRD berbicara

Banyak yang tidak sadar bahwa mengangguk dalam proses interview merupakan hal yang penting dalam interview. Mengangguk menandakan kamu minat dan memahami perkataan HRD. Namun, kalian juga harus mengangguk “sesuai konteks” ya. Kalau ada yang belum dimengerti, jangan segan untuk bertanya kepada HRD karena hal itu bisa menunjukkan bahwa kamu antusias dengan apa yang mereka bicarakan.

Baca juga: Sebelum Bergabung, Pahami Tentang Serikat Pekerja!

Sekian artikel Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar