4 Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi
Siker.id | 19 May 2022 14:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Teknik geologi adalah salah satu jurusan kuliah yang mempunyai peluang kerja sangat banyak, terutama yang berkaitan dengan sektor minyak dan gas. Prospek kerja teknik geologi tidak hanya sebatas itu saja, tetapi kamu juga punya peluang untuk kerja di banyak bidang di perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan teknik geologi.

Baca juga : 5 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Matematika

1. Teknisi tambang, minyak, dan material

 

Pekerjaan yang satu ini akan menjadi pilihan utama prospek kerja teknik geologi. Dalam pekerjaan ini, kamu akan bertanggung jawab dalam upaya pencarian dan pencarian dan pengolahan minyak bumi dan gas alam.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan mengembangkan material dan teknologi pengolahan. Keterampilan yang kamu miliki dalam melakukan analisis, meneliti, dan berpikir rasional akan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

2. Ahli sistem informasi geografis

Prospek kerja teknik geologi yang satu ini berkaitan dengan keterampilan kamu dalam menggunakan komputer dan beberapa teknologi lainnya. Pekerjaan ini meliputi pekerjaan yang berkaitan dengan aplikasi software dan hardware untuk GIS atau sistem informasi geografi.

Contohnya adalah merancang dan mempersiapkan representasi grafis data yang kamu terima. Pekerjaan lainnya juga meliputi analisis data yang berkaitan dengan peta dan grafik, memodifikasi database, memasukan data ke dalam database serta menganalisisnya lebih lanjut. 

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Akuntansi

3. Geologi tata lingkungan

Tugas yang akan kamu kerjakan nantinya akan meliputi pelaksanaan penelitian, penyelidikan, dan perekayasaan, serta pelayanan di bidang air tanah, geologi teknik, dan geologi lingkungan.

Salah satu tanggung jawab yang akan kamu lakukan adalah menyiapkan penyusunan kebijakan teknis, prosedur, dan kriteria, serta rencana dan program di bidang air tanah, geologi, dan geologi lingkungan.

4. Dosen atau pengajar

Walaupun pekerjaan ini terlihat tidak semewah yang lainnya, menjadi dosen atau pengajar merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Akan tetapi, kamu membutuhkan gelar pendidikan setidaknya S2 atau S3 untuk melanjutkan karier di bidang ini.

Untuk bekerja sebagai dosen atau pengajar ini, kamu memiliki tugas untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, serta memberi bimbingan kepada mahasiswa atau siswa.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih sebagai lulusan teknik geologi untuk mengembangkan karirmu setelah lulus, semoga artikel ini membantumu dalam menentukan karirmu ya!

Sekian, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Sarjana Fisika


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar