5 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Matematika
Siker.id | 17 May 2022 08:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Matematika, banyak orang yang saat sekolah malas hingga benci jika bertemu dengan pelajaran ini. Padahal, orang yang menyukai dan juga serius pada jurusan ini bisa mendapatkan peluang kerja yang oke lho.

Matematika sebagai salah satu ilmu pengetahuan dasar yang menjadi sumber dari ilmu pengetahuan terapan. Selain itu, ilmu ini sering dipakai untuk membantu mempermudah penyelesaian permasalahan yang ada di dalam berbagai bidang kehidupan. Maka, hal tersebut menyebabkan ilmu matematika memiliki prospek kerja yang luas.

Berikut ini adalah prospek kerja bagi kamu yang lulus sebagai sarjana matematika.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

1. Ahli Statistika

Matematika dan statistika adalah 2 ilmu yang serupa tapi tak sama. Namun, statistika sangat berhubungan dengan matematika. Matematika peminatan statistika mengintegrasikan dasar-dasar matematika dan statistika terapan dengan melakukan pengolahan dan analisa data.

Untuk menjadi seorang ahli statistika, setidaknya Anda harus memiliki dasar matematika yang baik. Sebab statistika melibatkan daya analisis yang baik, ketelitian yang tepat, dan kecermatan dan ketepatan dalam berpikir.

2. Tenaga Pengajar

Pekerjaan ini mungkin merupakan salah satu prospek kerja jurusan matematika yang lumrah diketahui orang. Bahkan, kebanyakan orang mengira bahwa jurusan matematika hanya dapat menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu guru atau dosen.

Padahal anggapan seperti ini sangat tidak tepat. Namun, untuk menjadi seorang dosen Anda dituntut untuk menyelesaikan program Magister terlebih dahulu.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Teknik Penerbangan

3.  Aktuaris

Profesi ini merupakan profesi yang paling diminati oleh lulusan matematika. Sebab, aktuaris merupakan pekerjaan yang menjanjikan dari segi penghasilan, sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memasuki jurusan matematika.

Namun, untuk menjadi seorang aktuaris, Anda harus menguasai analisa statistik dengan baik dan memahami permasalahan yang berhubungan dengan asuransi. Hasilnya, Anda harus terbiasa dengan banyak data dan dituntut untuk bisa berpikir cermat dan tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan statistika maupun asuransi.

4. Peneliti atau Ahli Matematika

Saat ini, banyak lembaga-lembaga sains yang membutuhkan lulusan sarjana Sains maupun Magister untuk mengembangkan penelitian yang digarap oleh lembaga-lembaga tersebut. Profesi ini biasanya dipekerjakan oleh lulusan-lulusan jurusan Sains seperti matematika.

Namun, biasanya orang-orang yang bekerja sebagai peneliti atau ahli matematika adalah orang-orang yang daya analisanya kuat serta menguasai dasar atau pondasi matematika.

5. Pegawai Bank

Kebanyakan bank di Indonesia memang menerima lulusan dari semua jurusan. Tapi, lulusan matematika akan sangat dibutuhkan dalam dunia perbankan.

Karena lulusan Jurusan Matematika memiliki analisa yang tepat, mampu berpikir logis, dan bekerja sama dengan tim. Tentu dalam urusan analisa dan logika, lulusan matematika merupakan lulusan yang mumpuni dalam dunia perbankan.

Nah, di atas tadi adalah beberapa prospek kerja untuk sarjana matematika, semoga bermanfaat ya untuk menentukan ingin berkarir sebagai apa. Sekian, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Bea Cukai


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar