3 Peluang Kerja Menjanjikan Lulusan Sarjana Fisika
Siker.id | 17 May 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Dalam jurusan fisika ada beberapa kelompok keahlian seperti Fisika Material Elektronik, Magnetik dan Fotonik, Sistem Kompleks, Nuklir dan Biofisika. Fisika merupakan salah satu jurusan kuliah di bidang ilmu Sains dan Teknologi (Saintek). Jurusan ini membahas berbagai teori seputar ilmu fisika murni, perkembangan dan praktiknya.

Baca juga : Beberapa Jurusan Kuliah Dengan Gaji Tinggi

Lalu kalau sudah lulus dari jurusan fisika, mau kerja apa sih? Dibawah ini daftar pekerjaan bagi kamu yang sarjana fisika.

1. Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Dengan keahlian yang dimiliki, lulusan fisika dapat memulai bekerja sebagai seorang field engineer pada perusahaan-perusahaan top seperti Pertamina, Total Indonesia, Caltex, Schlumberger, PT Aneka Tambang, Freeport, hingga PT Timah.

Baca juga : 3 Rekomendasi Aplikasi Kerja Terbaik Untuk Para Jobseeker

2. Industri Manufaktur dan Industri Telekomunikasi

Lulusan fisika dapat bekerja di bagian Research and Development dan juga dapat bekerja sebagai seorang QA/QC (Quality Assurance / Quality Control) di perusahaan seperti PT LEN, PT INTI, Samsung, ASTRA Int. , PT Telkom, Siemens, hingga Satelindo.

3. Industri Keuangan dan Perbankan

Tak hanya lulusan akuntansi, lulusan fisika juga dapat bekerja di lembaga keuangan baik itu bidang asuransi, perbankan, maupun lembaga keuangan lainnya baik sebagai tenaga pemasar, audit internal, atau credit analyst officer.

Itulah dia beberapa prospek kerja untuk kamu sarjana fisika, semoga dapat membantu dalam menentukan karirmu ya.

Sekian artikel ini menjelaskan, jika ada kritik dan saran silahkan ditulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Prospek Kerja Jurusan Marketing


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar