Tips Mencari Sponsorship Untuk Event
Siker.id | 04 Mar 2022 16:30


Bagikan ke
Mencari sponsorship untuk event. (siker)

siker.id - Mendapatkan sponsor untuk menggelar event memang tidak mudah. Namun, kali ini kami akan mencoba memberikan gambaran dan penjelasan sehingga event yang Anda buat berjalan lancar. Suatu event, apa pun jenis dan tujuannya, tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit. Sementara, kebanyakan penyelenggara, yang umumnya disebut sebagai event organizer (EO), tidak memiliki modal yang cukup untuk mengadakan atau menggelar acara tersebut. Karena itu, mereka membutuhkan sponsor.

Mereka yang disebut dengan sponsor ini bisa datang dari berbagai kalangan, mulai dari individu, organisasi, atau pun perusahaan. Beberapa di antara mereka, misalnya suatu merek atau perusahaan, umumnya memiliki motivasi untuk mempromosikan produk mereka pada acara tersebut karena target pengunjung dari event itu sesuai dengan target konsumen mereka.

Dukungan yang diberikan sponsor pun bermacam-macam, tak mesti dalam bentuk uang karena banyak juga yang membantu dengan memberikan produk atau barang yang dapat menambah nilai suatu acara. Karena jenis sponsorship bermacam-macam, Anda harus bisa melakukan penyesuaian pada saat mendekati individu, organisasi, atau pun perusahaan yang hendak Anda sasar.

Berikut ini beberapa tips mencari sponsorship :

Baca juga: Tips Membuat Rekan Kerja menjadi Lebih Happy

Pilih sponsor yang sesuai dengan target pengunjung

Pertama, jangan asal-asalan dalam memilih calon sponsor yang Anda incar. Ingat, tidak selamanya itu sesuai dengan siapa target pengunjung yang akan datang pada event yang Anda selenggarakan. Misalnya, Anda ingin menyelenggarakan seminar kesehatan. Jika begitu, sponsor yang tepat adalah perusahaan yang bergerak di bidang farmasi atau institusi rumah sakit, atau individu dan organisasi dari kalangan medis.

Apabila Anda ingin menyelenggarakan konser musik, tentukan terlebih dahulu segmentasi dan demografis calon pengunjung, seperti jenis kelamin, rentang usia, pekerjaan, pendidikan, dsb. Sebelum memilih sponsor yang kira-kira berhubungan dengan para pengunjung, misalnya makanan dan minuman ringan.

Golongkan jenis sponsor

Langkah selanjutnya, sediakan waktu untuk menggolongkan jenis sponsor yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin sponsor untuk menyediakan perlengkapan, sponsor untuk kebutuhan promosi dan publikasi, serta sponsor untuk bantuan dana.

Kemudian, setelah menggolongkan jenis sponsor, Anda bisa memasukkan siapa-siapa saja sponsor yang bisa disasar sesuai dengan jenis sponsor yang sudah dirancang tersebut. Tentunya, ini bersifat tentatif karena bisa saja sponsor yang Anda incar untuk menyediakan perlengkapan justru malah ingin menyumbangkan dalam bentuk uang, dan begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Berikut Tips Menghindari Kesalahpahaman di Tempat Kerja

Buat deadline

Cara selanjutnya adalah membuat deadline mendapatkan sponsor supaya Anda benar-benar harus memfokuskan diri dan tidak melampaui batas waktu yang telah ditentukan tersebut. Ini perlu dilakukan karena terkadang calon sponsor membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam mengambil keputusan, terutama apabila mereka yang berbentuk perusahaan (ada birokrasi untuk pengambilan keputusan yang berbeda-beda).

Umumnya, rentang waktu yang paling tepat untuk mendapatkan sponsor adalah mulai dari 3 dan 6 bulan sebelum acara terselenggara. Dengan demikian, Anda memiliki waktu untuk mencari alternatif, sementara calon sponsor pun memiliki waktu untuk mengambil keputusan.

Sekian artikel tentang tips mencari sponsorship untuk event. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 3 Etika Menolak Tawaran Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar