Berikut 3 Etika Menolak Tawaran Kerja
Siker.id | 04 Mar 2022 10:00


Bagikan ke
Etika dalam menolak tawaran kerja yang datang. (siker)

siker.id - Suatu hal yang biasa terjadi dalam dunia kerja adanya perekrutan dari perusahaan lain ketika kamu masih aktif bekerja di suatu perusahaan. Hal itu bisa terjadi karena kinerjamu yang baik hingga membuat mereka tertarik untuk menarikmu bekerja di tempatnya.

Kamu bisa menerima atau menolaknya, tapi kalau kamu ingin menolak tawaran kerja dari perusahaan lain pastikan kamu tahu etikanya, ya. Jangan sampai penolakanmu membuat mereka tersinggung karena bisa berdampak buruk pada karier. Lugas tapi tetap sopan, berikut ini adalah etika menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan lain.

Baca juga: Berikut Perbedaan Mencari Kerja dan Dicarikan Kerja

Datang ke perusahaannya untuk bertemu dengan orang yang ingin merekrutmu

Etika menolak tawaran pekerjaan lainnya ialah dengan mendatangi ke tempatnya langsung. Entah karena kamu mengenal perusahaan tersebut sebelumnya atau kalian pernah menjalin kerja sama, hal ini penting demi kesopanan.

Karena jangan sampai hubungan baikmu dengan berbagai perusahaan jadi rusak hanya karena kamu menolak tawaran pekerjaan dari mereka. Sebagaimana mereka yang bermaksud baik ingin mempekerjakanmu, kamu pun juga harus baik pula jika ingin menolaknya.

Sampaikan alasan kamu bertahan di perusahaan yang sekarang

Etika lainnya saat menolak tawaran pekerjaan dari suatu perusahaan ialah dengan mengatakan alasan kenapa kamu memilih bertahan dalam perusahaanmu dan menolak bergabung dengan mereka. Hal ini membuat penolakanmu tetap lugas tapi juga penuh kejelasan.

Mereka jadi tahu kalau kamu menolak tawaran pekerjaan mereka bukan karena tidak suka atau membenci perusahaan mereka, tapi karena masih ada target atau memang sudah mencintai pekerjaanmu yang sekarang. Tidak akan ada pihak yang sakit hati dan tersinggung kalau seperti ini.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keselamatan Kerja di Tempat Kerja

Jangan menyebarkannya ke media sosial manapun

Jangan mentang-mentang dirimu mendapat tawaran kerja dari banyak perusahaan, bukan berarti kamu harus jadi sombong dan menyebarkannya ke mana-mana. Ini termasuk etika yang harus kamu pegang perihal dunia kerja.

Mau kamu menerima ataupun menolak tawaran pekerjaan dari suatu perusahaan, kamu gak boleh sembarangan menyebarkannya ke media sosial. Membuat status macam-macam dan memposting hal privasi terkait pekerjaan seperti itu sejatinya melanggar etika dalam dunia kerja.

Sekian artikel tentang etika menolak tawaran kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menghindari Kesalahpahaman di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar