icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Persiapan Sebelum Pindah Kerja
Siker.id | 08 Feb 2022 09:20


Bagikan ke
Persiapan sebelum pindah kerja. (siker)

siker.id - Kamu berniat pindah kerja? Mungkin sudah saatnya kamu melakukan hal tersebut. Akan tetapi, sebelum Anda benar-benar pindah lebih baik lakukan beberapa persiapan ini, agar saat Anda nanti pindah bisa benar-benar aman dan nyaman. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu pikirkan masak-masak.

Baca juga: 4 Tips Persiapan Melamar Kerja

Berkomunikasi dengan para pemimpin

Media sosial bisa menjadi sangat berguna untuk membangun koneksi. kamu bisa mulai memanfaatkannya, untuk berinteraksi dengan berbagai orang hebat. Pastikan bahwa kamu berinteraksi dengan berbagai orang di industri yang tepat, sesuai dengan rencanakan kepindahan kamu.

Misalnya, bila kamu ingin berkarier di bidang teknologi, pastikan untuk berinteraksi dengan para pemimpin hebat di industri tersebut.

Jangan batasi diri sendiri

Banyak orang sungkan melakukan pindah kerja, karena mereka pikir pekerjaan baru tak akan cocok dengan kemampuan. Padahal, mungkin, banyak keahlian mereka yang cocok untuk pekerjaan baru tersebut.

Mereka hanya tak berani, dan malah cenderung membatasi diri sendiri. Oleh sebab itu, jangan batasi diri kamusendiri. Pikirkan sebuah rencana karier. Gagal masih lebih baik, daripada tak pernah mencoba sama sekali.

Baca juga: Beberapa Manfaat Orientasi di Tempat Kerja

Tingkatkan Soft skills

Tidak hanya hard skill, meningkatkan soft skill adalah hal penting yang juga kamu butuhkan agar berhasil di tempat kerja manapun nanti. Ketahuilah soft skill apa yang paling banyak dicari pada kandidat, lalu kembangkanlah kemampuan itu dalam diri kamu.

Beberapa contoh soft skill yang dapat kamu kembangkan seperti leadership, komunikasi, membangun relasi, kolaborasi, time management, hingga bekerja di bawah tekanan. Dengan menguasai soft skill yang banyak dicari tentu kamu akan menjadi lebih menarik di mata perekrut.

Bangun networking

Koneksi amat penting dalam dunia kerja. Adopsilah kebiasaan memberi dan menerima saat melakukan networking. Jadikan hal ini kebiasaan yang kamu rajin lakukan. Jika sedang mencari pekerjaan baru, mulailah membangun koneksi dengan orang-orang di lingkungan profesional kamu.

Sekian artikel tentang persiapan sebelum pindah kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Percaya Diri saat Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar