4 Tips Persiapan Melamar Kerja
Siker.id | 05 Feb 2022 13:00


Bagikan ke
Persiapan melamar kerja. (siker)

siker.id - Saat melamar pekerjaan di satu perusahaan, tentu kamu bukan satu-satunya kandidat. Oleh karena itu, penting bagimu untuk tahu cara melamar kerja yang dapat membuat HRD terkesan. Dengan begini, peluangmu mengalahkan kandidat lainnya akan lebih besar. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam melamar kerja!

Baca juga: Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Melamar Kerja

Gunakan istilah khusus di bidangmu

Pakai istilah-istilah teknis yang biasa digunakan dalam bidangmu. Misalnya, kamu melamar untuk posisi Product Manager. Maka, kamu bisa sertakan Scrum, atau Agile dalam cover letter maupun mendiskusikannya saat wawancara kerja.

Jika kamu mengincar posisi pada divisi Digital Marketing, pastikan kamu menjabarkan campaign yang pernah kamu implementasikan di pekerjaan terdahulu, pada setiap channel media sosial.

Dengan begitu, perekrut bisa yakin bahwa kamu memang layak mendapatkan posisi di perusahaan yang dilamar.

Pasang foto profesional

Jika kamu memang menyertakan foto dalam CV, pastikan fotomu nampak profesional. Hindari menggunakan berbagai efek demi membuat wajah lebih cantik, atau lebih tampan di foto.

Pasalnya, hal ini justru akan membuat fotomu nampak tidak profesional, dan akhirnya membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrutmu. Ingatlah untuk mengenakan pakaian formal, seperti blazer saat membuat pasfoto. Ini menjadi akan nilai plus di mata HRD.

Baca juga: Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja

Lakukan riset mengenai tempat kamu melamar kerja

Sebelum mengirimkan lamaran, atau sebelum kamu datang interview, ada baiknya kamu melakukan riset kecil mengenai perusahaan tersebut.

Sehingga kamu tahu seperti apa perusahaan tersebut, bagaimana bisnis model perusahaan tersebut, siapa target pengguna perusahaan tersebut, dan apa kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan tersebut.

Poles profil sosial media

Di era digital ini, semakin banyak perekrut yang mencari dan mengintip akun media sosial kandidat.

Pasalnya, media sosial juga dipercaya dapat menjadi perwakilan karakter seseorang. Nah, agar dapat membuat HRD terkesan, cobalah untuk mempercantik profil media sosial milikmu, termasuk LinkedIn.

Selain memerhatikan foto, ingatlah juga untuk mencantumkan pencapaianmu selama ini, dan detail job description.

Sekian artikel tentang persiapan saat melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Cepat Melamar Kerja Yang Benar?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar