Beberapa Manfaat Orientasi di Tempat Kerja
Siker.id | 05 Feb 2022 10:50


Bagikan ke
Manfaat orinetasi di tempat kerja. (siker)

siker.id - Ketika kita masuk dalam suatu institusi, baik pendidikan maupun pekerjaan, umumnya terdapat sebuah fase di mana orang baru akan mendapatkan pengenalan terhadap beberapa hal terkait institusi tersebut. Umumnya, kita menyebut hal-hal semacam ini sebagai masa orientasi.

Dalam dunia kerja, orientasi umumnya ditujukan pada karyawan baru atau disebut orientasi karyawan. Orientasi karyawan dapat diartikan sebagai proses membawa karyawan untuk mengenal kebijakan organisasi, peran, dan tanggung jawab pekerjaan serta atribut dan konsep organisasi. Orientasi karyawan umumnya ditujukan untuk membantu transisi karyawan ke sebuah posisi pekerjaan dengan efisien.

Selain itu, orientasi juga merupakan pengenalan yang direncanakan bagi karyawan baru untuk memasukkan kesadaran sensitif terhadap kebutuhan individu dan suatu organisasi tertentu.

Baca juga: Ikuti 6 Tips Ini Saat Menghadapi Orientasi Karyawan

Manfaat Orientasi

Orientasi adalah hal penting karena memiliki beberapa manfaat tertentu. Adapun beberapa manfaat orientasi tersebut adalah sebagai berikut:

Mendorong kepercayaan diri

Seyogianya, orientasi adalah masa atau fase di mana seseorang atau sekelompok orang bisa membangun rasa percaya diri untuk masuk dalam sebuah institusi baru. Hal ini dikarenakan orientasi bertujuan untuk memperkenalkan mereka dengan institusi baru sehingga merekatkan jarak yang tadinya bersekat.

Meningkatkan retensi

Manfaat umum dari orientasi yang juga penting adalah meningkatkan retensi seseorang atau sekelompok anggota baru dalam sebuah institusi. Orientasi dapat membuat seseorang memiliki alasan bertahan yang cukup kuat untuk tetap berada dalam sebuah institusi, hal ini disebut retensi. Bagi karyawan, orientasi bisa menahan mereka untuk resign dini.

Baca juga: Tips Percaya Diri saat Interview Kerja

Membentuk komunikasi

Salah satu manfaat orientasi yang utama adalah membentuk komunikasi. Hal ini nantinya memiliki relevansi dengan produktivitas dan kolaborasi antar individu dalam sebuah institusi, baik pendidikan maupun dunia kerja. Orientasi membentuk ruang komunikasi awal bagi para kandidat baru sehingga proses relasi terbentuk secara organik.

Memberikan informasi

Manfaat utama dari orientasi adalah proses pemberian informasi kepada berbagai pihak baru secara akurat dan singkat. Umumnya, orientasi dilakukan dalam waktu singkat sehingga beberapa hal kompleks tidak dijelaskan atau dipraktikan secara lengkap, namun secara khusus pemahaman terkait hal tersebut telah digambarkan secara efektif dan singkat.

Sekian artikel tentang manfaat adanya orientasi di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Hindari Kesalahan ini Saat Melamar Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar