Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Untuk Melatih Berpikir Logis
Siker.id | 06 Jan 2022 17:00


Bagikan ke
Tips melatih cara berpikir logis. (siker)

siker.id - Setiap individu membutuhkan pola pikir yang dapat membangun, mengatasi permasalahan hidup, membantu mereka dalam menghadapi masalah dan kegagalan, serta membantu mereka dalam menyikapi setiap kejadian yang akan dihadapi di masa depan. Oleh karena itu, untuk menghadapi setiap permasalahan dan kondisi tersebut setiap individu harus memiliki kemampuan berpikir logis. Hal ini juga dialami siswa dalam proses kegiatan belajarnya. Mereka harus memiliki kemampuan berpikir logis. Ada beberapa cara mengasah kemampuan berpikir logis yang dapat Anda terapkan. Berikut penjelasannya!

Baca juga: Berikut Cara Memotivasi Kerja yang Baik

1. Mulailah kebiasaan suka mempertanyakan sesuatu

Cara meningkatkan kemampuan berpikir logis yang pertama adalah dengan memulai kebiasaan suka bertanya sesuatu. Kebiasaan selalu mempertanyakan semua data dan informasi yang diperoleh bisa meningkatkan kemampuan berpikir logis. Saat Anda sering mempertanyakan segala informasi yang diterima, tentu akan meningkatkan sensitivitas untuk menjadi lebih detail. Jadi, Anda tidak akan mudah untuk menerima suatu informasi mentah-mentah.

2. Bersosialisasi dengan orang lain

Meningkatkan kemampuan berpikir logis juga bisa Anda lakukan dengan sering bersosialisasi dengan orang lain. Membangun banyak koneksi dan sering bersosialisasi dengan orang lain dapat memperluas perspektif dan menambah pengetahuan. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mempelajari cara berpikir orang lain dan mengetahui sudut pandangnya dalam melihat segala sesuatu. Saat mampu memahami sesuatu dari banyak sudut pandang, tentu akan memudahkan untuk mengambil suatu keputusan meski dalam keadaan yang sulit.

3. Berpikir Panjang Sebelum Memutuskan Sesuatu

Apakah Anda sedang berada di persimpangan jalan dengan sebuah keputusan? Apabila Anda mendekati masalah ini secara proaktif dan berpikir panjang, maka dapat menghindari perasaan ragu-ragu dan putus asa yang buruk. Meski membuat keputusan bukan hal yang mudah, namun mulailah melakukan kebiasaan berpikir panjang sebelum memutuskan sesuatu. Cobalah melalui proses panjang dengan mengumpulkan info, menganalisis dan membuat kesimpulan untuk melatih kemampuan berpikir logis.

Baca juga: Berikut Alasan Tidak Buru-buru Cari Kerja Setelah Lulus

4. Melakukan Aktivitas yang Positif dan Kreatif

Anda memiliki hobi khusus? Dengan aktivitas yang positif dan kreatif, ini akan dengan mudah menciptakan lebih banyak cara untuk berpikir logis. Bahkan Anda jadi terus mempelajari cara-cara baru dalam memecahkan masalah dari sebuah karya. Jadi jika sering melakukan hobi yang kreatif, maka bisa menjadi salah satu cara merangsang otak dan membantu mendorong Anda berpikir logis.

5. Melakukan Diskusi atau Debat

Ketika seseorang dihadapkan dengan pengambilan keputusan, mereka akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dan harus memikirkan dampak dari keputusan yang akan diambil di kemudian hari. Dalam jalan proses menuju berpikir logis, Anda bisa mengadakan diskusi secara berkelompok atau kelompok debat yang mengharuskan Anda untuk menyelesaikan masalah yang datang.

Sekian artikel tentang tips melatih berpikir logis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Macam Bahaya yang Mengancam Ditempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar