Berikut Macam Bahaya yang Mengancam Ditempat Kerja
Siker.id | 01 Jan 2022 16:15


Bagikan ke
Macam bahaya yang mengancam ditempat kerja. (siker)

siker.id - Menghabiskan waktu di tempat kerja telah menjadi rutinitas sebagian besar orang dewasa. Meski tujuannya untuk memenuhi tanggung jawab, Anda tetap harus waspada akan adanya bahaya kerja. Bahaya kerja yang dimaksud di sini adalah keadaan dalam lingkungan kerja yang berpotensi menimbulkan penyakit. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan para pekerja, yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Pasal 86, UU No. 13 Tahun 2003. Aturan tersebut menjelaskan tentang betapa pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Terlepas dari aturan tersebut, risiko bahaya kerja tidak akan bisa dihalau sepenuhnya. Berikut ini beberapa bahaya ditempat kerja yang perlu Anda waspadai.

Baca juga: Berikut Ciri Fake People di Tempat Kerja

1. Bahaya Kerja Ergonomi

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia kerja berkaitan dengan gadget, maka ada bahaya yang perlu diwaspadai. Risiko kerja ergonomi ini akan dialami bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer. Istilah bahaya ini disebut dengan cedera akibat adanya gerakkan repetitif dalam waktu yang lama. Risiko kerja ergonomi merupakan cedera persendian karena kesalahan gerak atau ketegangan otot yang terjadi secara terus menerus.Untuk menghindari hal ini terjadi, maka Anda harus mengetahui posisi duduk yang benar saat seharian berada di depan komputer atau laptop.

2. Bahaya Bekerja Pada Sektor Kimia

Bagi Anda yang berkecimpung di lingkungan dengan zat kimia berbahaya dan beracun, maka tidak luput dari risiko kecelakaan kerja. Contoh bahaya di tempat kerja yang bisa Anda alami meliputi reaksi alergi di kulit, mata, hingga keluhan medis pada bagian pernapasan. Biasanya, zat kimia yang beracun dapat menyebabkan seseorang mengalami fibrosis paru paru. Untuk meminimalisir bahaya tersebut, maka pastikan anda menggunakan semua perlengkapan keamanan yang diwajibkan.

3. Bahaya Kerja Biologi

Bahaya kerja biologis paling mengancam pada tenaga kesehatan. Bahaya ini berasal dari berbagai mikroorganisme, seperti tumbuhan maupun hewan yang mengancam kesehatan manusia. Terdapat berbagai macam penyakit akibat bakteri dan virus, seperti hepatitis B dan C, HIV atau AIDS, hingga tuberkulosis yang rentan menular ke tenaga kesehatan. Contoh bahaya di tempat kerja ini juga dapat mengancam kesehatan orang orang yang bekerja dengan hewan. Para pekerja ini rentan terkena penyakit seperti antraks dan rabies. Untuk mencegah dan menurunkan resiko bahaya akibat mikroorganisme yaitu dengan cara vaksinasi.

Baca juga: Berikut Tips Mengurangi Gangguan di Tempat Kerja

4. Bahaya Kerja Fisik

Jenis bahaya kerja fisik dapat berupa bising, vibrasi, suhu lingkungan yang ekstrem, dan radiasi. Bising secara konstan yang dirasakan oleh pekerja bangunan bisa menimbulkan ketulian. Vibrasi atau getaran akibat penggunaan mesin atau alat dalam waktu lama dapat menyebabkan nyeri otot, mual, hingga gangguan pembuluh darah. Sedangkan untuk suhu lingkungan dan radiasi sinar-X atau gamma, paparannya dapat merusak ikatan kimia di jaringan tubuh apabila terpapar dalam jumlah besar.

5. Bahaya Kerja Psikologis

Gangguan psikologis juga bisa terjadi pada para pekerja. Hal yang paling sering menyebabkannya adalah stres akibat perubahan jenis pekerjaan, jadwal, tingkat tanggung jawab, dan perasaan tidak cocok dengan atasan atau rekan kerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengatur waktu dengan baik. Siapkan juga porsi waktu untuk beristirahat dan refreshing sehingga Anda tetap produktif dalam bekerja dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan mental.

Sekian artikel tentang macam bahaya yang ada ditempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar