Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu Istirahat Kerja?
Siker.id | 13 Dec 2021 10:00


Bagikan ke
Tips memanfaatkan waktu istirahat kerja. (siker)

siker.id - Pernah telat istirahat atau terlambat kembali ke ruangan? Kalau ya, Anda harus lebih efektif menggunakan waktu istirahat di kantor. Mengapa demikian? Hal itu bertujuan agar Anda bisa lebih fokus dan efektif saat bekerja. Setiap kantor umumnya memberikan waktu istirahat siang sekitar 60 menit. Waktu tersebut seharusnya cukup untuk melakukan beberapa aktivitas seperti makan siang hingga beribadah. Jika istirahat siang tidak Anda gunakan dengan maksimal, maka bisa membuat kinerja kurang produktif. Berikut ini cara memaksimalkan waktu istirahat kerja Anda dengan baik!

Baca juga: Mengapa Keselamatan Kerja Itu Penting?

1. Lakukan Hal Yang Anda Sukai

Tentu, mendapatkan udara segar adalah cara yang baik untuk memanfaatkan waktu istirahat Anda. Ini berlaku bagi beberapa orang. Jika Anda tak suka jalan kaki, memaksa diri Anda untuk berjalan kaki selama waktu istirahat bukanlah sebuah ide bagus. Penelitian Hunter dan Wu menemukan bahwa cara terbaik untuk menikmati istirahat Anda adalah dengan melakukan suatu kegiatan yang Anda suka, misalnya menelepon ibu Anda atau membuka Facebook atau Instagram.

2. Belajar

Cara menghabiskan waktu istirahat berikutnya adalah berkomitmen untuk tidak pernah berhenti belajar. Orang sukses tahu betul mereka membutuhkan keterampilan baru untuk resume mereka dan mempelajari aspek-aspek baru dunia di sekitar mereka. Mereka mungkin mengambil kursus instruksional. Selain itu mencari dan mengejar hobi membantu menghilangkan stres dan membangun keterampilan yang melengkapi keterampilan yang Anda gunakan di tempat kerja. Melakukan hobi membawa angin segar yang membuatmu tetap membumi.

3. Berinteraksi Dengan Rekan Kerja Lainnya

Hal produktif yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan berinteraksi dan bergabung bersama rekan kerja kamu. Anda bisa mengobrol, saling sharing mengenai masalah dalam pekerjaan dan masih banyak lagi. Dengan saling mengisi jam istirahat bersama, secara tidak langsung rasa kebersamaan dan kekeluargaan akan tumbuh diantara Anda dan rekan kerja.

Baca juga: Berikut Manfaat Membangun Relasi Dengan Rekan Kerja

4. Mengembalikan Tenaga Dengan Makan yang Sehat

Agar energi dan tenaga Anda kembali lagi, Anda bisa memanfaatkan jam istirahat kerja dengan makan makanan yang sehat. Bukan tanpa alasan, makan makanan yang sehat akan mampu membuat Anda kembali bertenaga dan siap melakukan aktivitas pekerjaanmu kembali. Dengan asupan yang benar dan sehat Anda akan kembali bersemangat.

5. Jauhi Meja Kerja

Tetap berada di meja kerja sepanjang waktu istirahat lebih berisiko membuat istirahat tidak tenang. Apalagi jika tiba-tiba ada email masuk sehingga membuat Anda harus kembali bekerja. Waktu istirahat pun akan terganggu sehingga Anda tidak bisa merasa sedikit rileks. Itulah mengapa, Anda sangat perlu untuk meninggalkan meja kerja saat istirahat agar bisa merasa tidak jenuh.

6. Tidur Siang Singkat

Pernahkah Anda mencoba tidur siang di kantor? Kegiatan yang satu ini sebenarnya memiliki manfaat untuk mengembalikan fokus saat bekerja. Dalam waktu 60 menit istirahat siang di kantor, Anda bisa mencoba membaginya dengan mendetail. Misalnya, 15 menit untuk makan siang, 10 menit untuk beribadah, dan sisanya untuk tidur siang. Meskipun terdengar mustahil bisa tidur siang dengan nyenyak di kantor, tapi hal ini bisa Anda coba. Pastinya teman kerja akan memaklumi saat Anda tidur siang karena memang sedang waktunya istirahat.

Sekian artikel tentang tips memanfaatkan waktu istirahat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Panic Attack di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar