icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Mengapa Keselamatan Kerja Itu Penting?
Siker.id | 12 Dec 2021 18:15


Bagikan ke
Pentingnya keselamatan kerja demi menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja. (siker)

siker.id - Keamanan dan keselamatan kerja bukanlah hal yang dapat dianggap enteng oleh siapapun. Baik bagi perusahaan yang memiliki lebih dari 1.000 karyawan ataupun 10 karyawan, dalam industri pihak pemberi kerja serta karyawan harus memperhitungkan peraturan keselamatan, disiplin dalam tindakan, serta pemberian pelatihan yang mencakup keselamatan kerja. Tindakan pencegahan terhadap kecelakaan kerja adalah kunci untuk memelihara lingkungan kerja yang sehat, aman, dan produktif. Berikut ini tips pentingnya keselamatan kerja!

Baca juga: Bagaimana Mengatasi FOMO Agar Lebih Produktif Kerja?

1. Menekan Sick Leave

Sick leave atau izin sakit biasanya memang diberikan pada karyawan yang memang butuh beristirahat karena sakit. Ada perusahaan yang memperbolehkan karyawan untuk beristirahat di rumah tapi kalau lebih dari 2 hari diwajibkan untuk menyerahkan surat izin dokter. Ada pula perusahaan yang mewajibkan sudah ada surat izin dokter meski karyawan hanya tidak masuk kerja satu hari saja. Ini pastinya kembali ke kebijakan perusahaan masing-masing. Meski memang memberi izin, tetapi jika sampai izin sakitnya terlalu banyak dalam satu tahun, tentunya hal ini akan mengganggu kinerja tim secara keseluruhan.

2. Karyawan Lebih Bahagia

Dengan lingkungan kerja yang sehat, pastinya karyawan akan lebih enjoy dalam bekerja. Kebahagiaan mereka dalam bekerja ini sangat penting lo, karena dengan demikian mereka akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dari diri mereka bagi tujuan bersama. Karyawan yang bebas stres akan menunjukkan kinerja yang baik dan akan bisa mencari solusi yang paling jitu untuk memecahkan masalah yang terjadi seputar pekerjaan mereka.

3. Lakukan Diskusi Secara Terbuka

Menyisihkan waktu di penghujung hari sebulan sekali untuk membahas aturan keselamatan pada lingkungan kerja secara umum merupakan langkah strategis bagi manajer ataupun supervisor untuk menilai efektivitas kebijakan serta metode keselamatan yang berlaku. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan feedback dari karyawan terkait potensi bahaya yang tidak diketahui sebelumnya, potensi bahaya yang belum teratasi, seberapa baik kinerja keselamatan di area tertentu, hingga pembaruan kebijakan untuk menjamin keamanan dan keselamatan karyawan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Mengelola Kerja Shift Malam

4. Penerapan Kode Kesehatan dan Keselamatan

Kode kesehatan dan keselamatan berperan sebagai penanda maupun pengingat bagi pekerja pada area tertentu untuk melakukan tindakan tertentu dan menggunakan perlengkapan safety terkait. Sebagai contoh di fasilitas industri kimia, terdapat penanda untuk mengenakan alas kaki plastik misalnya, ataupun tanda instruksi cuci tangan dan memakai masker sebelum masuk ruangan laboratorium. Dengan memiliki penanda maupun instruksi keselamatan pada titik strategis, maka perusahaan dapat membantu meminimalisir resiko human error yang dapat terjadi.

5. Meningkatkan Produktivitas

Karena karyawan enjoy bekerja, bebas stres–terutama karena tempat kerjanya begitu nyaman–pastilah produktivitas kerja mereka juga meningkat. Hal ini memang akhirnya menjadi efek domino sih. Lingkungan kerja yang sehat, karyawan enjoy kerja, mereka juga nggak mempunyai masalah terlalu berat dalam hidup (bebas utang, misalnya), akhirnya produktivitas pun meningkat juga.

Sekian artikel tentang tips pentingnya menjaga keselamatan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 6 Cara Meningkatkan Etos Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar