Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Fungsi Dari Surat Keterangan Kerja?
Siker.id | 04 Dec 2021 09:00


Bagikan ke
Dengan banyaknya jenis surat keterangan kerja difungsikan berbeda-beda juga menurut tujuannya, tetapi secara umum surat keterangan kerja dipakai sebagai salah satu syarat melamar kerja. (siker)

siker.id - Surat keterangan kerja adalah dokumen administrasi yang penting untuk para karyawan. Fungsi utamanya adalah sebagai bukti tertulis perihal pengalaman kerja bahwa benar yang bersangkutan pernah bekerja atau masih bekerja dan mengemban posisi tertentu di perusahaan itu. Surat ini dikeluarkan oleh bagian personalia yang memang memiliki wewenang untuk mengeluarkan tanda bukti kepegawaian dalam suatu perusahaan. Jika Anda ingin membuat surat keterangan kerja, pahami dulu apa fungsinya lengkapnya surat keterangan kerja ini. Berikut ulasannya!

Baca juga: Stop! Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Surat Lamaran

1. Keterangan Kinerja dan PHK yang Baik

Surat ini berisikan tentang data diri dan penilaian umum terkait kinerja karyawan yang bersangkutan. Jadi, surat ini memuat informasi mengenai kinerja karyawan dari awal masuk hingga karyawan tersebut mengundurkan diri. Surat ini tak hanya diperuntukkan bagi karyawan tetap, tapi bagi karyawan kontrak saat masa kontraknya telah habis.

2. Bentuk Apresiasi Perusahaan

Surat keterangan kerja ini sangat berarti bagi karyawan yang usianya masih di bawah 25, sebab pada usia-usia tersebut seorang karyawan kerap pindah-pindah perusahaan. Alasannya karena ingin mencari pengalaman dan suka menghadapi tantangan dengan memasuki tempat-tempat baru. Nah, surat inilah yang menjadi nilai bagi mereka untuk dikumpulkan sebagai sarana untuk masuk ke perusahaan yang lebih besar.

3. Mencari Pekerjaan Baru

Surat keterangan kerja digunakan untuk melamar pekerjaan yang baru. Selain sebagai dokumen pendukung pendukung saat melamar pekerjaan, surat ini juga berfungsi untuk memberikan gambaran riwayat pekerjaanmu di perusahaan sebelumnya. Setiap pencapaian yang tercantum dalam surat keterangan tersebut bisa membantu rekruter untuk mengetahui pencapaian karir Anda.

Baca juga: Ini Yang Perlu Anda Tahu Tentang Surat Peringatan

4. Persyaratan Menarik Dana BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu persyaratan yang harus Anda penuhi ketika ingin mencairkan dana BPJS ketenagakerjaan adalah melampirkan surat keterangan kerja yang sudah di legalisir dari perusahaan beserta fotocopy-nya. Dengan melampirkan tersebut Anda bisa mencairkan 10-30 persen dana dari BPJS ketenagakerjaan yang Anda butuhkan walaupun Anda masih bekerja sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

5. Mencairkan Dana Jaminan Hari Tua (JHT)

Jika ingin mencairkan dana jaminan hari tua secara penuh, pastikan Anda yang merupakan penerima upah, sudah didaftarkan melalui perusahaan tempat bekerja. Lengkapi juga lampiran lainnya seperti identitas diri dan kartu keluarga. Sementara itu bagi yang bukan penerima upah atau bekerja secara mandiri, dapat mendaftarkan dirinya melalui web BPJS Ketenagakerjaan resmi dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

6. Melamar Beasiswa

Mungkin belum terbayang sebelumnya jika surat keterangan kerja bisa digunakan untuk melamar beasiswa? Bagi Anda yang sudah bekerja, surat keterangan kerja dapat menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa jalur profesional. Diberikan oleh pemerintah, swasta, atau asing kepada mereka yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3. Selain itu lengkapi juga dokumen pendukung seperti refrensi dari atasan Anda.

Sekian artikel tentang fungsi dari surat keterangan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Inilah Contoh Surat Peringatan SP1, HRD Harus Tahu!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar