icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Tips Menjadi Social Media Manager
Siker.id | 27 Jan 2022 18:45


Bagikan ke
Tips menjadi social media manager. (siker)

siker.id - Di era digital, marketing bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya melalui media sosial.Kenapa? Kebutuhan untuk terhubung dengan dunia luar secara cepat, membuat orang ketagihan media sosial. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa marketing efektif dilakukan melalui social media management yang baik.Kita memasuki era digital, di mana hampir setiap aktivitas terbantu dengan adanya teknologi. Kemajuan teknologi yang ada saat ini membuat segalanya terlihat lebih praktis dan simpel.Hanya dengan gadget, uang dan koneksi internet, anda bisa berbelanja apapun yang diinginkan. Barang elektronik, makanan, minuman, kendaraan hingga alat kesehatan bisa dengan mudah dibeli.Kemudahan ini nyatanya tidak berpihak pada konsumen saja. Kecanggihan teknologi juga membuat pelaku usaha lebih mudah memasarkan atau menjual produknya.Media sosial dalam bisnis adalah sebagai sarana atau media untuk mempromosikan produk.Hampir setiap orang memiliki media sosial, bahkan biasanya memiliki lebih dari satu akun. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya dengan gratis.Kapan lagi promosi gratis dengan target audience yang luas bisa anda dapatkan? Kalau tidak dari platform media sosial seperti facebook dan twitter?Selain bisa digunakan untuk mempromosikan produk, media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Meskipun rata-rata akun media sosial berbasis bisnis banyak yang tidak menerima pertanyaan melalui kolom komentar atau direct message, namun anda sebagai pelaku bisnis tidak boleh menutup mata bahwa setiap orang tidak suka dengan kerumitan. Berikut ini beberapa tips menjadi sosial media manager:

Baca juga: Berikut Ini Profesi Bergaji Tinggi Tahun 2022

Mengharuskan menjaring konsumen

Peran tersebut dari media sosial dalam bisnis adalah sebagai tempat untuk menjaring konsumen. Mengingat jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 200 juta jiwa dan hampir setiap orang memiliki akun media sosial tentunya ini menjadi target pasar baru yang harus dimanfaatkan.

Dapat menghemat waktu

Anda bisa menghemat waktu lebih banyak dengan Social Media Management yang benar. Dengan jadwal posting tetap dan teratur, anda bisa lebih siap dalam menyediakan konten.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menjalankan Profesi Digital Nomad

Dapat Memahami audience

Melalui Social Media Management anda bisa melihat siapa saja pengikut atau orang yang tertarik dengan produk anda. Mulai dari gender, jenis pekerjaan, usia hingga domisili yang biasanya tercantum di akun media sosial mereka bisa menjadi bahan di database awal perusahaan. Dengan effort yang lebih baik, anda bisa melakukan analisis yang lebih dalam dengan database ini.

Sekian artikel tentang tips menjadi social media manager. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sertifikasi Profesi Dalam Dunia Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar