icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Menjalankan Profesi Digital Nomad
Siker.id | 12 Dec 2021 17:00


Bagikan ke
Tips menjalankan profesi yang keren yaitu digital nomad. (siker)

siker.id - Dunia digital yang berkembang semakin pesat membuat semua hal menjadi terasa berbeda bila dibandingkan dengan zaman dahulu. Berbagai kemudahan bisa kita dapatkan dengan instan seperti informasi, membeli barang-barang secara online bahkan bimbingan belajar yang bisa didapatkan lewat digital. Seiring perkembangan zaman, muncul juga istilah digital nomad yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh para millenial. Sebenernya apa sih digital nomad?

Baca juga: Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing

Definisi Digital Nomad

Digital nomad adalah istilah bagi seseorang yang bekerja tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Istilah nomad itu sendiri berasal dari kata ‘nomaden’, alias berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Anda tidak harus bangun pagi, terjebak macet atau lembur di kantor. Anda cuma butuh dua modal utama yaitu laptop dan akses internet. Namun, digital nomad berbeda dengan bekerja remote. Digital nomad adalah sebuah profesi di mana Anda bisa bekerja kapan pun dan di mana pun. Sedangkan bekerja secara remote, artinya Anda bebas bekerja di mana pun, tapi dengan jam kerja yang sudah ditentukan.

Tips Menjadi Seorang Digital Nomad

1. Temukan Alasan Anda Ingin Menjadi Digital Nomad

Sebelum memulainya, Anda harus mengetahui alasan kenapa Anda ingin menjadi seorang digital nomad. Hal ini harus Anda pikirkan dengan matang. Sehingga, Anda akan selalu termotivasi dan tidak menyesal di tengah jalan.

Baca juga: Apa Pengertian dan Tugas Business Development?

2. Kenali Apa Saja Skill Anda

Tips selanjutnya adalah menentukan jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan. Pilihlah pekerjaan yang memang sesuai dengan minat dan juga kemampuan Anda. Saat ini, sudah banyak pekerjaan yang menawarkan sistem kerja secara remote, seperti digital marketing, translator, copywriting, data analyst, desainer web, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa mendukung rencana Anda untuk menjadi seorang digital nomad.

3. Gunakan Aplikasi atau Sarana Digital Semaksimal Mungkin

Beberapa orang menyatakan bahwa sosial media merupakan toxic yang dapat mempengaruhi mental. Nyatanya, kalau Anda menggunakan sosial media dengan baik Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Banyak sosial media atu website yang digunakan untuk mempromosikan pekerjaan freelance. Maka dari itu, buatlah akun-akun di website pekerjaan dan buatlah cv-mu semenarik mungkin.

4. Kumpulkan Portfolio

Punya hasil karya dari pekerjaan sebelumnya? Jangan disimpan sendirian! Kumpulkan semua portfolio Anda dan susun dalam bentuk yang mudah dibaca. Dengan adanya portfolio ini akan memudahkan Anda untuk melamar ke perusahaan yang membutuhkan seorang pekerja lepas. Dari portfolio yang dikumpulkan akan kelihatan di bidang mana yang Anda sangat kuasai.

5. Lakukan Uji Coba

Jika Anda belum yakin, maka Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu. Contohnya, bila saat ini Anda masih berstatus karyawan kantor, maka Anda bisa meminta izin untuk bekerja secara remote pada perusahaan Anda. Selanjutnya, pilihlah tempat kerja yang Anda sukai. Bila Anda merasa bisa tetap produktif, fokus dan nyaman, maka itu artinya Anda sudah siap untuk menjadi seorang digital nomad.

Sekian artikel tentang tips menjadi seorang digital nomad. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication


Editor: Theo Adi -

     

Komentar