icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini 5 Jurusan yang Berkarir Dibidang IT
Siker.id | 17 Jan 2022 16:35


Bagikan ke
5 jurusan yang berkarir dibidang IT. (siker)

siker.id - Beberapa tahun belakangan, bidang IT semakin populer seiring berkembangnya inudstri teknologi yang ditandai oleh kemunculan perusahaan-perusahaan rintisan baru. Karena prospek kerjanya terus menjanjikan, peminat pada jurusan kuliah IT pun meningkat. Sejalan dengan itu, sekarang sudah banyak juga jurusan-jurusan berbasis IT yang diselenggarakan di berbagai perguruan tinggi. Untuk Anda yang menyukai dunia IT, berikut beberapa jurusan yang berhubungan dengan komputer atau IT.

Baca juga: Ingin Masuk Fakultas Teknik Informatika? Berikut Ulasannya!

1. Teknik Informatika

Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang tertarik dengan pengelolaan perangkat komputer. Bagaimana tidak, mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari secara optimal teknologi komputer seperti merancang perangkat lunak yang betujuan untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Prospek kerja dari jurusan ini seperti bisa menjadi programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, database engineer, network administrator dan lainnya.

2. Teknik Komputer

Teknik komputer merupakan disiplin ilmu yang mengkombinasikan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dalam mengembangkan sistem perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan jaringan komputer (network) dari sistem komputasi modern, peralatan yang dikontrol komputer, dan jaringan perangkat cerdas. Mahasiswa lulusan jurusan ini dapat bekerja di bidang Embedded System Engineer, Programmer, Database Administrator, Computer Analyst dan Network Administrator.

3. Sistem Informasi

Sistem informasi adalah program studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Sistem informasi salah satu jurusan yang sangat banyak diminati calon mahasiswa. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis. Prospek kerja jurusan ini sangat beragam, salah satunya dapat menjadi web developer, data analyst, UI/UX developer, software engineer, dan lainnya.

Baca juga: Yuk, Simak ! Prospek Kerja Teknik Nuklir

4. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer hampir sama dengan jurusan teknik informatika dan sistem informasi. Jurusan ini identik dengan computer programming dan sistem komputasi. Ilmu komputer mencakup beragam topik mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, hardware maupun software. Profesi karir lulusan jurusan ilmu komputer bisa menjadi mobile app developer, web developer, game developer dan desktop app programmer.

5. Teknik Elektro

Secara umun mahasiswa teknik elektro akan mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi yang terkait. Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja sebagai teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, ahli robotik, dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang jurusan yang berkarir dibidang IT. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Teknik Pertambangan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar