icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Saja Peluang Kerja Teknik Pertambangan
Siker.id | 18 Nov 2021 17:15


Bagikan ke

siker.id - Program studi Teknik Pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik yang berfokus pada ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian/sumber daya mineral seperti emas, perak, alumunium, besi, dan sebagainya, serta batu bara. Pada program studi Teknik Pertambangan kita akan mempelajari proses pertambangan yang terdiri dari kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, sampai dengan pemasaran hasil tambang. Serupa dengan program studi “serumpun”nya, Teknik Perminyakan, program studi ini merupakan program studi yang sangat banyak peminatnya.

Teknik pertambangan tampak menjadi salah satu jurusan teknik terfavorit. Memangnya, apa saja sih prospek kerja teknik pertambangan ini?

Sepintas, studi ini memang terlihat amat menjanjikan seiring dengan prospek dari industri tambang itu sendiri yang dikenal mewah.

Baca juga: Yuk Pelajari Test Kraepelin, Selengkapnya

Jurusan ini kemudian dianggap memiliki peluang gaji yang amat menjanjikan.

Lalu, apa saja peluang karier jurusan ini?

1.Perusahaan Pertambangan Swasta (Nasional atau Multinasional)

Beberapa perusahaan swasta baik nasional maupun multinasional yang bergerak dalam bidang pertambangan di Indonesia ialah pada tambang batubara seperti PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT Kaltim Prima Coal, PT Adaro, PT Berau Coal, dan yang lainnya.

Sedangkan untuk tambang tembaga atau emas di antaranya adalah PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Rio Tinto Indonesia, PT Newmont Minahasa, PT Newmont Nusa Tenggara, dan masih banyak lain yang lainnya.

2.Ahli Tambang dan Geologi

Untuk menjadi seorang ahli tambang dan juga geologi, Anda harus mempunyai pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, gambar, model, dan juga blueprint. Selain itu kalian juga harus menguasai pengetahuan rekayasa dan teknologi, hukum dan pemerintahan, matematika, dan juga produksi dan pengolahan bahan mentah baik proses produksi dan kontrol kualitas, biaya, dan juga teknik memaksimalkan keefektifan manufaktur.

Skills yang dibutuhkan ialah meliputi keterampilan menyelesaikan masalah yang kompleks, berpikir kristis, mampu mempertimbangkan dan mengambil keputusan, paham dalam membaca dokumen kerja, dan juga mampu berbicara secara efektif.

3. Konsultan pertambangan

Bekerja di dalam bidang pertambangan itu tidak bisa main-main. Pekerjaan ini memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang tinggi.

Konsultan pertambangan membantu dalam mengetahui sifat mineral apa yang akan ditambang, apa kegunaannya, dan bagaimana mineral tersebut akan diolah dan dimanfaatkan oleh manusia nantinya.

Prospek kerja teknik pertambangan ini penting, karena membantu perusahaan untuk tidak hanya menambang secara bebas begitu saja.

Baca juga: Berikut 10 Peluang Kerja Bagi Lulusan PAUD

4.Ahli Teknik Minyak Bumi

Karier sebagai ahli teknik minyak bumi mempunyai job description meliputi merancang metode untuk meningkatkan ekstraksi minyak dan gas, produksi, dan juga menentukan kebutuhan peralatan baru, atau memodifikasi desain peralatan. Selain itu, apabila kamu menjadi ahli teknik minyak bumi, Quipperian akan mengawasi pengeboran dan menawarkan saran teknis. Posisi jabatan pekerjaan untuk profesi ahli teknik minyak bumi antara lain ialah sebagai ahli pengeboran, manajer pengeboran, ahli operasi, ahli minyak tanah, ahli produksi minyak tanah, dan juga insinyur.

5. Tenaga Pengajar Dosen

Berikutnya yang menjadi prospek kerja Teknik Pertambangan adalah menjadi tenaga pengajar dosen. Dengan menjadi seorang dosen maka Kamu dapat membagi ilmu dengan orang lain. Namun, Kamu harus mau melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu setidaknya jenjang S2.

6. Peneliti

Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan dari Teknik Pertambangan adalah menjadi seorang peneliti. Disini Kamu dapat meneliti bahan tambang di Indonesia. Nantinya, hasil penelitian yang telah Kamu lakukan tidak hanya bermanfaat untuk dunia Pendidikan namun juga bermanfaat untuk pemerintah sebagai pembuat keputusan dan juga para pelaku usaha.

Sekian artikel tentang prospek kerja lulusan Teknik Pertambangan. Bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan.Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Penasaran dengan Test CFIT Skala 3, Selengkapnya

 


Editor: Bagus -

     

Komentar