icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Ingin Masuk Fakultas Teknik Informatika? Berikut Ulasannya!
Siker.id | 13 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
Hal yang perlu diketahui tentang fakultas teknik informatika. (siker)

siker.id - Salah satu jurusan yang lagi naik daun dikalangan para pelajar adalah teknik informatika. Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Baca juga: Jurusan Teknik Lingkungan? Wajib Simak Prospek Kerja Ini

Keahlian

Berikut beberapa keahlian yang nanti dimiliki oleh mahasiswa fakultas Teknik informatika:

• Kemampuan membangun, mengelola, dan mengembangkan sistem informasi

• Pemahaman database

• Kemampuan observasi dan identifikasi masalah

• Kemampuan analisis

• Penguasaan dasar-dasar pemrograman

• Kemampuan komunikasi

Alasan Harus Kuliah di Fakultas Teknik Informatika

1. Bekerja Di Bidang Industri Kreatif

Seorang lulusan teknik informatika tidak hanya bergelut di bidang formal saja, namun juga bisa bekerja di industri kreatif, misalnya dengan menjadi desainer grafis atau bergabung dalam digital agency.

2. Bisa Kerja Dimana Pun (Bisa WFH)

Selama ada peralatan yang memadai, Anda bisa bekerja di manapun. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan di rumah, di mall, di rooftop kantor, atau sambil nongkrong di cafe. Jadi pekerjaan apapun bisa dibuat santai.

3. Salary Pekerja Bidang IT Tinggi

Lantaran ilmunya yang tidak dimiliki banyak orang, maka gaji para pekerja di bidang IT pun bisa dikatakan cukup tinggi. Selain itu, pekerjaan ini dikenal sebagai salah satu jenis pekerjaan yang berkelas dan tidak sembarang bisa dimasuki orang.

4. Kepuasan Kerja Besar

Mereka yang menjadi seorang ahli IT biasanya adalah orang-orang yang memang suka dengan dunia komputer. Untuk itu jika passion dan pekerjaan sejalan, bukan tidak mungkin kepuasan kerja yang didapat juga sangat besar.

5. Selalu Ada Hal Baru Untuk Dipelajari

Di dalam dunia komputasi, ada banyak hal yang sifatnya praktis dan tentunya tidak membuat Anda memahami teori saja. Untuk itu, Anda akan senantiasa belajar hal baru dan pastinya sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Bisa Untuk Freelance

Sebagai ahli IT, tentu yang Anda kantongi bukan gelar sembarangan. Anda dibekali dengan ijazah dan sertifikasi keahlian yang mana bisa Anda gunakan untuk bekerja dimanapun yang Anda inginkan, terutama jika ingin freelance.

Prospek Lulusan Teknik Informatika

Setelah kita membahas tentang alasan memilih fakultas Teknik informatika dan keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan TI ini, berikut ada beberapa prospek kerja yang sekiranya bisa menjadi panduan lengkap buat mereka yang lulusan fakultas Teknik Informatika:

Baca juga: Yuk, Simak ! Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Teknik Mesin

1. Konsultan IT

Yang pertama, Anda bisa memilih karir sebagai konsultan IT. Saat ini, profesi konsultan IT adalah salah satu profesi yang diminati oleh calon mahasiswa di seluruh dunia. Selain karena kemajuan teknologi dan besarnya gaji yang ditawarkan, hal ini mungkin juga dikarenakan banyaknya perusahaan startup yang bermunculan sehingga butuh banyak konsultan.

2. Pengembang Situs Web

Profesi kedua yang bisa Anda pilih yaitu sebagai pengembang situs web. Profesi bergengsi satu ini juga mewajibkanmu untuk merancang dan mengembangkan aplikasi, laman atau situs web, maupun konten dalam web yang Anda kelola. Rata-rata gaji yang Kamu dapatkan yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan atau setara dengan Rp72.000.000 per tahun.

3. Software Engineer

Prospek kerja lainnya untuk lulusan dari jurusan teknologi informasi yaitu menjadi software engineer. Anda bisa menjadi software engineer dan membuat berbagai aplikasi dan program baik untuk mobile ataupun komputer. Gaji yang didapatkan oleh seorang software engineer yaitu sekitar Rp5.000.000 hingga mencapai Rp8.000.000 per bulan.

4. Junior Programmer

Profesi lainnya yang bisa Anda pilih yaitu menjadi junior programmer. Anda bisa bekerja secara mandiri atau freelance, bisa juga bergabung dalam perusahaan. Gaji yang Anda dapatkan sebagai seorang programmer yaitu sekitar Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulan.

5. Network Administrator

Yang terakhir, ada pekerjaan sebagai Network Administrator dengan gaji tinggi yang bisa Kamu jadikan prospek karir. Anda bertugas dalam menghandle sistem komputer, membuat Email Server, hingga DNS Server dan FTP Server. Gaji yang bisa Anda peroleh yaitu mulai dari Rp3.000.000 hingga mencapai Rp9.000.000 per bulan.

Sekian artikel tentang seluk beluk fakultas Teknik informatika. Bila menyukai artikel ini bisa Anda Bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima Kasih.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Buat Lulusan Teknik Alat Berat?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar