icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Lolos Masa Training Kerja
Siker.id | 02 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Anda perlu trik khusus agar saat masa training Anda berkesan dan bisa lolos dengan mudah. (siker)

siker.id - Training kerja merupakan salah satu tahapan yang biasanya dilalui ketika seseorang diterima bekerja pada suatu perusahaan. Mengingat dunia kerja adalah dunia yang penuh dengan persaingan, salah satunya adalah bersaing menjadi karyawan tetap suatu perusahaan. Maka kamu perlu menyiap diri untuk bisa menjalani training kerja dengan baik. Bagi sebagian orang yang bekerja, menjadi karyawan tetap adalah posisi idaman. Waktu yang ditetapkan perusahaan seimbang dengan waktu luangnya. Tidak sedikit yang berlomba-lomba untuk dapat mencapai posisi karyawan tetap, serta merasa aman karena segalanya dapat terpenuhi. Bagi Anda yang saat ini masih status masa probation, berikut ini tips agar bisa lolos masa probation/training.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Stres di Tempat Kerja?

1. Tetapkan Target Pribadi

Tetapkan target bagi diri sendiri yang harus dicapai selama masa percobaan. Target yang dimaksud tidak perlu hal yang muluk-muluk namun realistis. Bisa dengan mengenal dan memahami tugas-tugas penting dalam pekerjaan dalam waktu 1 bulan. Lalu bulan kedua, dengan menjadi lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan dan menunjukkan hasilnya.

2. Be Proactive

Awal-awal bekerja memang wajar jika belum tahu betul pekerjaan dan perusahaan. Oleh karena itu, bertanyalah kepada atasan dan orang-orang di sekitar Anda hingga paham betul. Apabila diberikan suatu tugas, jangan pernah berkata tidak, tidak bisa atau tidak tahu sebelum mencoba hal tersebut.

3. Ciptakan Kesan Pertama yang Baik

Probation merupakan waktu yang tepat untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Anda bisa bersikap ramah, terbuka, aktif, dan bertanggung jawab pada masa probation. Dengan menciptakan kesan pertama yang baik, orang akan mengenal Anda sebagai seseorang yang baik pula. Anda akan dengan mudah bersosialisasi dan bekerja sama dengan rekan-rekan kerja yang lain.

Baca juga: Berikut Ini Tips Agar Siap Menghadapi Walk In Interview

4. Bangun Networking

Tips lulus probation berikutnya adalah membangun networking. Membangun networking sangat berguna bagi seseorang yang sedang dalam periode probation. Tidak hanya berguna saat probation. Membangun networking juga akan memberi manfaat yang sangat baik ketika kelak kamu sudah menjadi karyawan tetap. Anda bisa mulai berkenalan dengan rekan satu tim maupun dengan tim lainnya.

5. Profesional

Sikap profesional adalah sikap yang menunjukkan kesungguhan orang tersebut yang menunjukkan mutu dan kualitas kerjanya. Usahakan semua sesuai dengan yang seharusnya, perhatikan hal-hal kecil, seperti baju yang rapi, sepatu yang bersih, dan pekerjaan yang tidak lalai.

6. Mudah Adaptasi

Sebagai karyawan yang sedang dalam masa training kerja, tentu semuanya adalah hal baru. Bertemu dengan orang baru, melakukan pekerjaan baru, dan mempunyai kesibukan baru. Bagi orang-orang yang tidak mudah beradaptasi. Tentu hal itu bukan hal mudah dilalui. Sebaiknya Anda posisikan diri dan paksa untuk beradaptasi sebaik mungkin.

7. Cari Tahu Banyak Tentang Pekerjaan Baru

Pepatah “malu bertanya sesat di jalan” agaknya tepat untuk yang satu ini, sebab sebagai orang baru sudah semestinya untuk banyak tanya dan mencari tahu tentang dunia barunya itu. Tak ada yang salah dengan bertanya, asal waktu dan posisinya yang tepat. Tak semua hal akan disampaikan orang lain, dengan bertanya akan membuka jalan terbukanya sebuah info.

Sekian artikel tentang tips melewati masa probation. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Sudah Siap Menghadapi Persaingan Kerja? Berikut Tipsnya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar