Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Tips Agar Siap Menghadapi Walk In Interview
Siker.id | 01 Dec 2021 14:55


Bagikan ke
Saat Anda siap menghadapi walk in interview, banyak hal yang harus Anda persiapkan karena dalam interview ini biasanya diselesaikan dalam waktu singkat. (siker)

siker.id - Walk in interview adalah wawancara terbuka yang dilakukan perusahaan untuk posisi tertentu dalam waktu dan skala khusus. Biasanya, proses penerimaan karyawan ini berlangsung lebih singkat dari wawancara pada umumnya dan menawarkan lowongan pekerjaan yang lebih bervariasi. Bagi kamu yang sudah berpengalaman dalam walk in interview, maka sudah lebih matang dalam menghadapi para pewawancara. Namun bagi yang masih pertama kali, tentunya butuh persiapan ekstra. Berikut tips siap menghadapi walk in interview!

Baca juga: Anda Ingin Lolos Tahapan Interview User Berikut Tipsnya

1. Pastikan Iklan Loker Valid

Pastikan iklan yang Anda dapatkan mengenai lowongan kerja dan walk in interview tersebut adalah benar adanya. Jangan sampai Anda yang sudah mempersiapkan segalanya, harus rela membuang waktu dan tenaga akibat berita yang tidak jelas. Carilah situs atau media penyedia lowongan kerja yang memang benar benar sudah berpengalaman dalam memberikan info.

2. Persiapkan Syarat Dokumen Lamaran Kerja

Ada banyak dokumen yang harus Anda persiapkan. Seperti resume atau CV, surat lamaran, berkas pendukung seperit fotokopi ijazah, transkrip nilai, SKCK, kartu kuning, ktp, sertifikat profesi dan syarat pendukung lain sesuai permintaan perusahaan.

3. Bangun Kesan Pertama Positif

Sapa pewawancara dengan senyum dan jabat tangan yang tegas dengan memberikan kontak mata. Cobalah untuk berbasa-basi saat berjalan dari area resepsionis ke ruang wawancara. Anda harus menjual diri sendiri sebelum menjual apapun, dan 30 detik pertama adalah saat pewawancara secara tidak sadar membuat keputusan tentang apakah mereka menyukaimu atau tidak.

4. Bersikaplah Positif

Pewawancara akan memikirkan bagaimana rasanya bekerja dengan Anda, jadi hal terakhir yang mereka ingin dengar adalah membicarakan atasan atau kolega Anda saat ini di belakang mereka. Pewawancara senang melihat seseorang yang menyukai tantangan dan penuh antusias.

Baca juga: Gunakan Bahasa Tubuh Ini saat Interview Kerja dengan HRD

5. Ingat Bahasa Tubuh

Ini bukan tentang apa yang Anda katakan, tetapi bagaimana cara Anda mengatakannya. Selama wawancara, jangan melipat tangan dan bersandar ke belakang atau melihat ke lantai. Duduk tegak dan usahakan untuk menjaga kontak mata. Gunakan tangan Anda dan condongkan tubuh ke depan saat menyampaikan maksud.

6. Datanglah Tepat Waktu

Tidak ada toleransi dalam hal keterlambatan waktu. Menghadiri walk in interview tepat waktu adalah tanda bahwa Anda benar benar disiplin, dan ini menjadi nilai lebih di awal pertemuan dengan pihak perusahaan. Jika terlambat, maka kesan pertama yang ada di dalam diri Anda adalah seorang pemalas, tidak disiplin dan tidak bisa menghargai waktu.

7. Jangan Lupa Sarapan

Usahakan sebelum berangkat, Anda juga harus sarapan untuk mengisi energi. Karena perut lapar membuat Anda pastinya sulit berkonsentrasi. Konsumsilah makanan yang bergizi secukupnya. Jangan terlalu berlebihan, karena nantinya bakalan membuat ngantuk.

Sekian artikel tentang tips menghadapi walk in interview. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Trik Cepat Dipanggil Interview Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar