Bagaimana Pekerjaan Seorang Komisaris? Ini Dia!
Siker.id | 27 Oct 2022 16:12


Bagikan ke
Pekerjaan seorang komisaris (siker)

siker.id – Pastinya kamu sering mendengar istilah komisaris, bukan?

Ya, dalam sebuah perusahaan tentunya terdapat komisaris yang berperan dalam keberlangsungan suatu perusahaan.

Nah, sebenarnya, apa itu komisaris dalam sebuah perusahaan dan bagaimana pekerjaannya?

Dilansir dari laman kitalulus, komisaris merupakan orang yang ditunjuk oleh anggota pemegang saham atau sebagainya untuk ikut andil dalam meraih pencapaian perusahaan serta bekerja sama dengan direksi.

Jabatan komisaris ini ditunjuk atau dipilih untuk mengawasi seluruh kegiatan perusahaan terutama mengenai kebijakan dan pengelolaan perusahaan.

Komisari diisi oleh sekelompok orang yang disebut dewan komisaris. Dewan komisaris dipimpin oleh komisaris utama.

Tugas utama dari seorang komisaris adalah mengawasi seluruh kebijakan, kegiatan, pengelolaan perusahaan, mengawasi para direktur, serta memberikan nasihat kepada jajaran direksi dan bawahannya.

Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawab lain dari seorang komisaris? Begini penjelasannya, sobat siker!

Baca Juga: Mengenal Profesi Manajer Proyek

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Komisaris

Selain tugas yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa tugas seorang komisaris yang dilansir dari laman ekrut antara lain:

Memastikan Keuangan Perusahaan dalam Kondisi Sehat

Tugas dan tanggung jawab pertama adalah memastikan keuangan perusahaan dalam kondisi sehat.

Selain itu, dewan komisaris juga bertugas untuk mengesahkan anggaran tahunan perusahaan, termasuk juga menentukan nominal gaji dan kompensasi yang akan diterima oleh tiap anggota dewan komisaris di perusahaan tersebut.

Memberikan Nasihat kepada Direksi

Tugas selanjutnya adalah memberikan nasihat kepada dewan direksi.

Dewan komisaris juga bertugas untuk memberikan nasihat kepada dewan direksi demi kepentingan perseroan sesuai dengan maksud dan tujuan perseroan itu sendiri.

Selain itu, dewan komisaris juga mengusulkan auditor eksternal untuk disahkan dalam RUPS serta memantau pelaksanaan penugasan auditor eksternal.

Baca Juga: 3 Tugas Utama Komisaris dalam Perusahaan

Memberikan Perintah kepada Perusahaan

Ini juga menjadi salah satu tugas seorang komisaris yakni, memberikan perintah kepada perusahaan dengan menerapkan beberapa kebijakan berdasarkan tujuan dari perusahaan tersebut.

Dewan komisaris juga menyusun pembagian tugas masing-masing anggota dewan komisaris sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka masing-masing.

Melakukan Pengawasan terhadap Perusahaan

Tugas berikutnya adalah melakukan pengawasan kepada perusahaan.

Pasalnya, dewan komisaris memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap kebijakan perusahaan, kegiatan operasional dan kegiatan pengurusan perusahaan secara umum baik terkait dengan perseroan maupun usaha perseroan.

Selain itu, dewan komisaris juga mengawasi direksi dalam menjalankan kegiatan perusahaan, termasuk memberikan evaluasi kinerja direksi, mengkaji sistem manajemen, memantau efektivitas penerapan Good Corporate Governance, dan melaporkannya saat RUPS.

Nah, itu tadi artikel mengenai pekerjaan seorang komisaris yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Direktur Utama?


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar