Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Direktur Utama?
Siker.id | 27 Sep 2022 16:44


Bagikan ke
Tugas dan tanggung jawab seorang direktur utama (siker)

siker.id – Dalam suatu perusahaan pastinya terdapat seorang direktur utama. Direktur utama dikenal sebagai orang yang bertugas memimpin perusahaan. Bila perusahaan tidak memiliki seorang direktur utama, perusahaan tentu tidak memiliki tujuan ataupun visi misi yang dijalankan.

Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan mempunyai direktur utama agar dapat mengarahkan dan mengawasi aktivitas perusahaan. Seorang direktur utama juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain, lho, sobat siker. Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: 4 Tips Menjadi Pemimpin yang Baik!

Mengawasi Kompetisi Bisnis secara Menyeluruh

Tugas dan tanggung jawab pertama yang dilakukan adalah mengawasi kompetisi bisnis secara menyeluruh. Direktur memiliki tugas untuk mengawasi dan mengarahkan langkah untuk menindaklanjuti temuannya. Pengawasan ini dilakukan baik terhadap kompetitor maupun terhadap kinerja internal perusahaan dalam melakoni persaingan.

Melakukan Evaluasi Perusahaan secara Menyeluruh

Tugas dan tanggung jawab selanjutnya seorang direktur utama adalah secara rutin melakukan evaluasi atas pencapaian perusahaan. Sekalipun target target tercapai, perubahan ke arah lebih baik harus tetap perusahaan lakukan. Pada titik inilah fungsi evaluasi penting.

Baca Juga: 3 Manfaat Menjadi Seorang Pemimpin

Merancang Strategi Bisnis untuk Kemajuan Perusahaan

Tugas dan tanggung jawab selanjutnya adalah merancang strategi bisnis untuk kemajuan perusahaan. Masing masing divisi dari perusahaan biasanya punya laporan dan gagasan masing masing. Perusahaan juga umumnya punya tim dalam melakukan perencanaan strategi.

Nah, seorang direktur utama adalah aktor utamanya. Ialah yang berkewajiban mengolah seluruh masukan menjadi strategi yang diputuskan.

Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban

Tugas dan tanggung jawab lain dari seorang direktur utama adalah menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada pemegang saham. Setiap orang yang mendapatkan tugas, pasti akan dimintai pertanggungjawabannya.

Begitu juga direktur utama. Secara berkala ia melaporkan kinerja perusahaan kepada orang orang yang menunjuknya, yakni para pemegang saham.

Nah, itu tadi tugas dan tanggung jawab seorang direktur utama yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Manajer Produk!


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar