4 Manfaat Manajemen Karir di Perusahaan!
Siker.id | 15 Aug 2022 15:30


Bagikan ke
Manfaat manajemen karir di perusahaan (siker)

siker.id – Sobat siker, tahukah kalian memiliki perencanaan karir yang bagus akan berimbas pada karir kalian, lho! Nah, untuk itu kalian wajib mengetahui apa itu manajemen karir.

Manajemen karir ialah proses yang direncanakan dan dilakukan oleh individu terkait perencanaan karir yang nyata, serta keterlibatannya dalam pekerjaan selama hidupnya. Sementara itu, bagi perusahaan ini termasuk upaya untuk mengelola alur pergerakan karyawan sehingga dapat memenuhi target perusahaan dan individu tersebut. Proses tersebut mencakup berbagai konsep yakni, kesadaran diri, perencanaan eksplorasi, pembelajaran seumur hidup dan jaringan.

Lalu, apa saja manfaat menerapkan manajemen karir di sebuah perusahan? Yuk, simak di bawah ini ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Risk Taking Untuk Karir Melejit

Meningkatkan Kinerja Organisasi

Penelitian menunjukkan bahwa memberikan peluang karir merupakan hal utama yang mempengaruhi kinerja organisasi. Mengapa demikian?

Melalui manajemen karir, motivasi karyawan dapat meningkat. Maksudnya, karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi tentu akan menghasilkan prestasi yang tinggi pula. Ketika karyawan berprestasi tentunya akan membawa dampak positif bagi kinerja perusahaan.

Meningkatkan Keterlibatan Karyawan

Keterlibatan karyawan dapat meningkat apabila sebuah pekerjaan memenuhi kebutuhan intrinsik dan tujuan pribadi karyawan. Dengan membantu karyawan mengelola karir mereka dan memberikan peluang untuk pengembangan karir, organisasi dapat memastikan keterlibatan & produktivitas yang lebih tinggi.

Baca Juga: 3 Kesalahan Sepele Ini Merusak Karir

Pengelolaan SDM yang Lebih Baik

Apabila terjadi perubahan struktur organisasi yang mengharuskan beberapa perubahan peran/jobdesc, kamu mungkin perlu melakukan review ulang SDM mana yang lebih efektif menjalaninya.

Dengan adanya manajemen karir ini, proses pengelolaan SDM dapat menjadi lebih baik karena manajemen karir membantu memindahkan orang ke dalam peran di mana keterampilan mereka paling sesuai dan aspirasi serta kebutuhan mereka terpenuhi dengan baik.

Menyamakan Tujuan Perusahaan & Karyawan

Manfaat program pengembangan karir bersifat mutual, perusahaan dan karyawan akan saling memberi manfaat secara berkesinambungan. Karyawan yang berhasil mengembangkan potensinya dan meraih posisi/jabatan yang lebih tinggi akan berkontribusi dan memiliki tanggung jawab yang lebih kompleks bagi perusahaan. Hal tersebut akan berdampak bagi perusahaan untuk membantu memperkuat pelaksanaan program-program dan tercapainya tujuan perusahaan.

Nah, itu tadi 4 Manfaat Manajemen Karir yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, dan komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Karir


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar