4 Tools yang Bisa Digunakan untuk Mind Mapping
Siker.id | 26 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
tools untuk membuat mind mapping (siker)

siker.id - Pemetaan pikiran atau mind mapping mungkin sudah tidak asing kamu dengar. Umumnya, mind mapping kerap kali digunakan oleh orang-orang saat mereka melakukan brainstorming tentang suatu permasalahan. Mind mapping adalah sebuah cara efektif yang digunakan untuk mendapatkan, mengumpulkan dan memetakan informasi tentang ide-ide yang ada dalam pikiran. Nantinya, pemikiran ini akan diaplikasikan dalam bentuk visual seperti diagram atau bagan untuk mendapatkan gambaran jelas tentang subjek yang dipertanyakan. Untuk kamu yang ingin menggunakan metode mind mapping kamu bisa menggunakan beberapa tool berikut ini.

Baca juga: 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

Ayoa (Ayoa.com)

Tidak seperti alat mind mapping yang lain, Ayoa menyediakan platform all-in-one dimana pengguna bisa membuat mind map yang cantik, melakukan monitoring proyek, membuat to-do list, dan berkolaborasi dengan tim. Ayoa dirancang untuk bisa memberikan inspirasi kreativitas dan memercikkan ide-ide hebat. Tersedia bermacam-macam gaya mind mapping untuk membantu pengguna seperti tradisional mind mapping, gambar tangan, organic mind map dengan cabang lengkung yang halus, speed mind map, dan radial map. Ayoa dapat disambungkan dengan Dropbox, Google Drive, dan Google Contact.

Milanote (Milanote.com)

Dengan Milanote, kamu bisa membuat mind mapping jauh dari kata sederhana. Di sini kamu bisa menambahkan media seperti foto, video, tautan, dan membuat sebanyak mungkin level hierarki untuk membuat topik yang lebih spesifik. Seperti mind map lainnya, di sini kamu juga bisa berkolaborasi secara real-time dan tersedia berbagai macam template untuk mempermudahmu membuat proyek baru dengan cepat.

Baca juga: Jalankan Bisnis Keluarga? Ini 4 Pertimbangan Sebelum Mulai

MindGenius (MindGenius.com)

Alat yang satu ini merupakan kombinasi dari konsep mind mapping dan alat perencanaan proyek. Alat ini didesain untuk penggunaan edukasi, pekerja lepas, bisnis kecil, dan agensi. Ada fitur seret dan lepas untuk membuat mind map, juga fitur perencanaan proyek seperti Gantt chart, Kanban, dan alat dasar untuk laporan proyek. Fitur lain yang tersedia seperti filter, highlighting, dan label. MindGenius bisa diintegrasi dengan Microsoft Office sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan ekspor data proyek dan mind map ke Word, Excel, Outlook, PowerPoint, dan Microsoft Project.

Miro (Miro.com)

Miro menawarkan kanvas mind map dengan beberapa set widget, template, dan seperangkat alat untuk membuat cerita atau peta perjalanan pengguna, dan lain-lain. Aplikasi ini membantu kamu dan tim yang harus work from home dalam membangun ide. Kamu bisa melakukan meeting, kolaborasi, dan sinkronisasi dengan mudah di Miro. Alat ini dapat diintegrasikan dengan Dropbox, Box, Google Suite, JIRA, Slack, Sketch, OneDrive, Zapier, dan lain-lain.

Sekian artikel tentang tools untuk menggunakan metode mind mapping. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar