Berikut 5 Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan
Siker.id | 13 Dec 2021 20:45


Bagikan ke
Faktor penghambat dalam pengambilan keputusan. (siker)

siker.id - Kondisi lingkungan bisnis yang dinamis membuat perusahaan dihadapkan oleh berbagai macam pilihan dengan konsekuensinya masing-masing. Berbagai pilihan harus ditelusuri mendalam agar perusahaan mengambil keputusan yang tepat dan meminimalisir segala resiko dari keputusan tersebut. Mustahil bagi perusahaan untuk mampu menjalani proses bisnisnya tanpa keputusan yang baik. Karena perkembangan teknologi yang kian berkembang, perusahaan dapat memanfaatkan HRIS sebagai landasan pengambilan keputusan. Nah berikut ini faktor penghambat dari perusahaan dalam pengambilan keputusan yang perlu Anda tahu!

Baca juga: Simak ! Strategi Bisnis yang Jitu Saat Pandemi

1. Masalah

Masalah yang muncul merupakan hambatan yang terjadi dan berpengaruh pada hal-hal penting sehingga tujuan jadi tertunda. Keberadaan masalah menjadi hal yang menyimpang dan tidak sesuai pada apa yang sudah direncanakan, diharapkan namun tak berjalan semestinya. Hal inilah yang berpengaruh pada suatu keputusan yang sebelumnya harus menganalisa masalah terlebih dahulu. Bahkan sebelum terjadi masalah, bisa melakukan riset terkait hal-hal penting yang diprediksi timbul masalah.

2. Situasi Dan Kondisi

Pengambilan keputusan juga dipengaruhi karena adanya situasi tertentu yang terjadi disekitar. Hal ini lebih dominan terlihat seperti apa suasana kantor pada saat itu, bagaimana kondisi perusahaan dan faktor lainnya. Situasi perusahaan yang sedang menurun kualitasnya tentu akan berpengaruh besar dalam pengambilan keputusan. Sementara itu kondisi lebih didominasi oleh keadaan manusianya yang terlibat secara langsung, misalnya saja terjadi pemogokan karyawan secara besar-besaran.

3. Keraguan

Kendala yang paling kuat sebenarnya berakar pada diri Anda sendiri. Keraguan menyebabkan seseorang tidak dapat bertindak tegas. Seringkali seorang manajer diserang oleh keraguan dalam berpikir dan mengambil tindakan.

Baca juga: Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini

4. Keliru Memahami Informasi

Kekeliruan dalam memahami peranan informasi dapat menjadi hambatan besar dalam mengambil keputusan. Jika perusahaan mengambil keputusan dengan pemahaman yang salah terhadap sebuah informasi, keputusan yang diambil tidak akan tepat. Informasi yang digunakan harus lengkap, kredibel, dan disimpan dengan hati-hati.

5. Informasi yang Berlebih atau Terlalu Sedikit

Memiliki banyak informasi sering dianggap bermanfaat, tetapi jika informasi itu tidak dikumpulkan dengan benar justru akan merepotkan. Perusahaan dapat merasa salah arah dan bingung saat informasi yang tersaji terlalu banyak dan tidak berkelompok dengan benar. Sementara itu, tidak memiliki cukup informasi untuk mendukung keputusan juga tidaklah baik. Perusahaan harus mengetahui informasi yang relevan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Sekian artikel tentang factor penghambat pengambilan keputusan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar