Jalankan Bisnis Keluarga? Ini 4 Pertimbangan Sebelum Mulai
Siker.id | 22 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Banyak orang mungkin berpikir bahwa berbisnis dengan keluarga akan berjalan lebih mudah, padahal nyatanya menjalankan bisnis tidak mesti semudah dan selancar yang dibayangkan. Pasti adakalanya terjadi sebuah masalah dimana tidak sependapat atau lainnya, yang menjadi kamu merasa berat karena yang dihadapi bukan hanya seorang rekan kerja, tetapi anggota keluarga.

Nah, sebelum memulai dan untuk menghindari adanya konflik atau masalah dalam bisnis keluarga, baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Baca juga : 4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis

1. Miliki prinsip bisnis tetaplah bisnis

 

Meskipun awalnya sebagai hobi, tapi saat sudah memulai bisnis berarti kamu harus memiliki prinsip yang kuat. Salah satu yang harus dipegang teguh adalah prinsip bisnis tetaplah bisnis. Misalnya, rencana bisnis yang matang, sistem operasional, pembagian tanggung jawab, hingga masalah keuangan.

2. Harus ada pembuat keputusan akhir

 

Saat menjalankan bisnis, pasti akan ada masa sulit dalam membuat keputusan. Karena itu, diperlukan seseorang yang bisa bertanggung jawab membuat keputusan akhir. Jadi, sebaiknya pilih seseorang yang memang mampu mengemban tanggung jawab besar tersebut.

Baca juga : 3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses

3. Berkomunikasi sesuai situasi

 

Saat berbisnis dengan keluarga, komunikasi yang tepat sangat diperlukan. Tak peduli seberapa kompak kamu dengan keluarga, saat berbisnis harus tetap berkomunikasi dengan jelas dan profesional. Jadi, jika menyangkut masalah bisnis sebaiknya kamu berkomunikasi secara profesional meskipun dengan anggota keluarga sendiri.

4. Kelola ekspektasi

 

Pastinya kamu dan anggota keluarga yang diajak berbisnis akan memiliki komitmen yang berbeda terhadap bisnis. Kamu tidak boleh berharap anggota keluarga lain memiliki komitmen yang sama kuatnya sepertimu.

Saat awal menjalankan bisnis, mungkin semua orang akan terlihat bersemangat. Namun, lama-kelamaan wajar jika ada beberapa orang yang mulai berubah dan tidak bisa sepenuhnya berkomitmen sepertimu.

Itulah dia beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memulai menjalankan bisnis keluarga, terlebih lagi perhatikan ketika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti timbulnya konflik. Kamu juga harus merencanakan masa depan, misalnya produk apa yang selanjutnya akan kamu jual, dan lain sebagainya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Manfaat Personal Branding Dalam Membangun Bisnis


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar