icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Prinsip Manajemen Wajib Diterapkan Dalam Bisnis
Siker.id | 15 Jun 2022 15:45


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Prinsip manajemen sangat mendasari perilaku seorang pemimpin yang baik dan sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis. Seorang pemimpin pastinya juga harus memiliki kepribadian yang baik dan menjadi contoh bagi karyawannya. Selain itu juga harus memahami dari pengertian manajemen beserta fungsinya sehingga bisa menerapkan prinsip manajemen sebagai seorang pemimpin.

Nah, berikut ini ada beberapa prinsip manajemen yang wajib diterapkan dalam bisnis Anda. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Pertimbangan Sebelum Menjalankan Bisnis Keluarga

1. Pembagian Kerja

Adanya pembagian porsi kerja masing-masing sesuai dengan spesialisasi, keahlian, keterampilan dan bidang berbeda-beda sehingga terciptanya profesional dan lingkungan kerja yang kondusif. Spesialisasi ini juga dapat mempromosikan efisiensi tenaga kerja.

2. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan pribadi 

Prinsip manajemen ini merupakan sama dengan prinsip dalam organisai, yakni setiap anggota organisasi harus bisa mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan anggota organisasi itu sendiri. Begitupula penerapannya dalam lingkungan perusahaan bahwa setiap karyawan harus bisa mengabdikan kepentingan perusahaan diatas kepentingan pribadinya.

Baca juga : 3 Manfaat Punya Bisnis Sampingan

3. Penggajian Pegawai

Prinsip manajemen ini sangat memprioritaskan adanya penggajian pegawai yang adil sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Karena dengan sistem pembayaran gaji yang lancar membuat karyawan menjadi lebih baik dan bertindak lebih profesional dalam bekerja.

4. Keadilan dan Kejujuran

Prinsip manajemen ini lebih mengutamakan pada aspek keadilan dan kejujuran dalam perusahaan. Karyawan harus diperlakukan dengan adil dan setara, sehingga tugas seorang manajer harus mampu mengawasi dan memantau setiap karyawan.

Itulah dia beberapa prinsip manajemen yang wajib diterapkan dalam bisnis, selain itu juga perlu memerhatikan stabilitas kondisi karyawan karena karyawan juga makhluk sosial, paling tidak adakan acara gathering karyawan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Dalam Mengahdapi Klien Bisnis Baru


Editor: Maya Indra Purnamasari -

     

Komentar