Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula
Siker.id | 27 Dec 2021 14:50


Bagikan ke
Tips memulai bisnis buat pemula. (siker)

siker.id - Berbisnis memang merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak. Namun, membuka bisnis untuk pemula mungkin tidak akan semudah yang dibicarakan. Berbagai risiko bisa menghantui Anda. Jadi, ilmu dan mental sangat amat dibutuhkan ketika Anda ingin memulai bisnis agar bisa terhindar dan menyelesaikan masalah-masalah yang hadir ketika sedang berbisnis. Seorang pebisnis dituntut untuk memiliki mental yang kuat dan optimis agar bisnisnya dapat berkembang. Bagi Anda yang akan membuka bisnis, ada beberapa tips belajar bisnis untuk pemula yang bisa Anda coba.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?

1. Lakukan Penelitian Bisnis

Penelitian ini dimaksudkan agar Anda lebih mengenal konsumen serta bisnis yang Anda geluti. Memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat tentunya punya peluang untuk terus dicari konsumen. Penelitian ini bisa dilakukan baik secara online atau dengan terjun langsung ke lapangan, menemui konsumen, mengambil sampel data, memahami pola kebiasan masyarakat, hingga menentukan desain produk dan teknik pemasaran yang cocok.

2. Mulai Dari Bisnis Kecil-kecilan

Memulai dari bisnis kecil-kecilan akan membantu Anda membentuk pola pikir pengusaha. Bisnis kecil-kecilan bisa dilakukan dengan menjadi reseller, membuka toko kelontong, berjualan baju online, dan sebagainya. Dari sana, Anda akan dipaksa belajar mengelola bisnis, peka terhadap kebutuhan pasar, dan mencari jalan keluar dari tiap masalah bisnis yang menghadang. Tidak semua hal bisa terjadi secara instan, butuh proses yang mengorbankan waktu, tenaga, hati, hingga uang. Jadi jangan ragu untuk memulai bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu.

3. Perluas Lingkup Pertemanan dengan Pebisnis

Memperluas pertemanan dengan para pebisnis dapat menambah wawasan Anda dalam dunia bisnis. Dari sana Anda bisa mempelajari bagaimana cara mereka membangun bisnis, mengelola keuangan, cara memasarkan produk, hingga menyelesaikan masalah-masalah selama berbisnis. Cobalah untuk mengobrol dan berteman dengan pebisnis-pebisnis di sekitar Anda terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa memperluas lingkar pertemanan Anda lewat jejaring sosial.

Baca juga: Simak ! Strategi Bisnis yang Jitu Saat Pandemi

4. Harus Memiliki Wawasan Tentang Bisnis

Belajar bukan hanya sekedar saat sekolah saja. Belajar juga bisa dilakukan kapan pun dimana pun dan melalui media apa pun itu. Sama halnya ketika Anda ingin merintis buka usaha bisnis, Anda tetap harus memiliki pengetahuan di bidang tersebut. Apalagi di era teknologi saat ini, Anda bisa mengakses ilmu bisnis melalui artikel, podcast, video YouTube dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk tetap membaca buku agar membuka jendela pengetahuan Anda semakin luas.

5. Asah Pola Pikir Pengusaha

Pola pikir menjadi aspek penting ibarat salah satu kunci yang bisa membuka pintu kesuksesan bagi para pebisnis. Ada dua jenis mindset. Yakni fixed mindset dan growth mindset. Mereka yang memiliki fixed mindset akan cenderung menilai hasil akhir sebagai tolak ukur keberhasilan yang akan mencerminkan identitas diri. Mereka meyakini bahwa keahlian dan keterampilan seseorang merupakan bawaan yang menetap dan tidak bisa diubah. Orang yang memiliki tipe fixed mindset cenderung akan sulit untuk menerima kegagalan. Tipe orang yang memiliki growth mindset biasanya percaya bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui hasil dedikasi dan kerja keras. Orang yang memiliki pola pikir ini cenderung menghargai proses daripada hanya melihat berdasarkan hasil akhir saja.

Sekian artikel tentang tips memulai bisnis buat pemula. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini


Editor: Theo Adi -

     

Komentar