Bagaimana Cara Mengeksekusi Ide Kreatif Untuk Bisnis?
Siker.id | 25 Dec 2021 09:15


Bagikan ke
Cara mengeksekusi ide kreatif untuk bisnis. (siker)

siker.id - Sebagai pebisnis, kita mungkin harus mengakui jika mengeksekusi ide kreatif adalah salah satu tantangan yang cukup berat. Hal ini dikarenakan ide, sekreatif apa pun, akan sia-sia kalau tidak digerakkan niat untuk mengeksekusinya. Apalagi jika ide kreatif ini muncul secara tiba-tiba. Mungkin hanya akan terbayang-bayang saja ide keren ini dan akhirnya kehilangan ide besar ini. Lantas bagaimana caranya mengeksekusi ide kreatif menjadi sebuah tindakan lebih nyata? Berikut cara mengeksekusi ide kreatif untuk kemajuan ide!

Baca juga: Simak ! Strategi Bisnis yang Jitu Saat Pandemi

1. Eksekusi Strategi dengan Tim

Eksekusi strategi dan perencanaan dengan tim, proses, dan sumber daya atau tool yang sesuai. Anda harus mencari tim yang memiliki kapabilitas untuk membantumu mencapai objektif tersebut. Setelahnya, Anda bisa membuat struktur identifikasi tim guna membagi pekerjaan.

2. Siapkan Jadwal Rapat

Siapkan jadwal untuk berkomunikasi, rapat, atau menciptakan inisiatif sebuah proyek. Jangan lupa untuk melakukan internal testing dan validasi pelanggan guna mengumpulkan feedback atas solusi yang Anda ciptakan. Tujuannya agar produk tersebut dapat menjawab masalah yang dihadapi pelanggan.

3. Kembangkan rencana menjadi To-do-list

Cara mengeksekusi ide berikutnya adalah dengan menurunkan rencana yang matang tersebut ke dalam beberapa rencana kecil. Di sini Anda bisa membuat to-do-list untuk tiap bagian rencana. Tujuannya adalah agar kamu tidak lupa pada hal-hal kecil yang kadang luput dari rencana besar. To-do-list ini dapat memandu selama proses mengeksekusi ide. Jadi, Anda punya pedoman mengenai urutan apa saja yang harus dilakukan. Usahakan untuk tidak mengubah rencana di tengah jalan tanpa mengukur efek realisasi ide ke depannya.

Baca juga: Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini

4. Melakukan riset produk dan bisnis

Langkah selanjutnya adalah memastikan produk atau ide kreatif yang mau Anda kembangkan mendapat tempat di pasaran. Untuk itu, Anda harus melakukan riset produk yang akan dijual terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasinya melalui media internet. Anda juga bisa memadukan beberapa produk atau ide kreatif yang sudah ada lalu mengembangkannya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang lebih inovatif. Selain dari internet, Anda juga bisa mencoba metode lain, seperti melakukan kuisioner langsung atau melakukan perbandingan antara beberapa produk.

5. Fokuskan diri mengembangkan ide

Ada kalanya Anda akan berhenti di tengah jalan saat merealisasikan ide. Banyak distraksi yang bisa membuatmu hilang konsentrasi kala mengembangkan ide. Untuk itulah, ambil waktu khusus untuk mengerjakan idemu dan jauhkan diri dari distraksi yang menggangu. Jangan aktifkan notifikasi media sosial ketika bekerja merampungkan ide. Sebisa mungkin tahan diri untuk tetap fokus dan tidak mengalihkan perhatian ke hal lain. Kesungguhan mengembangkan ide dapat mempercepat idemu terealisasi.

Sekian artikel tentang tips mengeksekusi ide kreatif. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar