Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Buat Pemula
Siker.id | 13 Jan 2022 23:30


Bagikan ke
Tips memulai bisnis kuliner. (siker)

siker.id - Cara memulai usaha kuliner telah banyak dicari oleh para pemula yang ingin berkecimpung di dalamnya. Tingginya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan, telah membuat banyak orang tergerak ingin memulai usaha kuliner. Usaha kuliner merupakan salah satu bentuk bisnis yang terbilang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari dan menjadi kebutuhan setiap orang. Perkembangan kuliner saat ini juga semakin pesat. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner. Untuk memulai bisnis kuliner, tentu saja kamu perlu memperhatikan strategi. Berikut ini tips memulai usaha kuliner buat pemula.

Baca juga: Berikut 5 Cara Meyakinkan Klien Bisnis

1. Pahami keunikan produk bisnis makanan Anda

Kemungkinan besar Anda sudah punya ide ingin menjual apa. Mungkin jenis makanan besar seperti mie ayam, soto, nasi goreng, atau rice box? Minuman macam kopi susu, Thai tea, atau jamu kemasan? Apapun itu, jangan berhenti sampai ide saja. Anda perlu lanjutkan dengan mencari keunikan produk (unique selling points / USP) yang ingin dijual. Sebab tanpa keunikan produk, bisnis kuliner Anda gampang kalah saing dengan kompetitor.

2. Pahami target pasar

Untuk memulai bisnis kuliner, Anda juga wajib memahami target pasar yang dituju. Dengan begitu, Anda akan tahu betul apa yang harus dilakukan agar bisnis kuliner ramai. Baik dari sisi desain produk sampai dengan cara promosinya.

3. Buat konsep bisnis

Setelah lama menggodok ide bisnis kuliner, saatnya membuat ide itu lebih konkret. Caranya tak lain adalah menuangkannya dalam konsep bisnis alias business plan. Meski judulnya baru “rencana” bukan berarti konsep bisnis dibuat asal-asalan. Selain dijadikan pedoman menjalankan bisnis, konsep ini juga membantu Anda dilirik investor untuk dapat suntikan modal. Maka dari itu, Anda perlu menggarap business plan dengan lebih serius.

Baca juga: Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi

4. Modal Awal Usaha

Cara memulai usaha kuliner berikutnya adalah modal awal. Jika Anda hanya memiliki modal kecil, Anda bisa melakukan beberapa usaha untuk menutupi kekurangan modal. Anda bisa menutupi modal awal yang kurang dengan mengajak atau mencari rekan kerja untuk diajak kerja sama. Atau bisa melakukan peminjaman ke koperasi atau bank melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR bagi pelaku UKM. Selain itu, besar kecilnya modal yang Anda miliki ini tergantung dari bagaimana usaha yang sedang/akan Anda jalankan.

5. Miliki Menu Andalan

Lakukanlah survei mengenai menu yang beredar di pasaran, lalu pilihlah menu yang belum banyak mereka jual di sana guna mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

Sekian artikel tentang tanda Anda bekerja sepenuh hati. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar