Berikut Beberapa Manfaat Perjalanan Dinas
Siker.id | 09 Dec 2021 11:15


Bagikan ke
Beberapa manfaat dari perjalanan dinas. (siker)

siker.id - Saat berkarier, tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan perjalanan dinas keluar kota untuk keperluan kantor. Nah Anda adalah salah satu karyawan yang selalu ditunjuk atasan untuk melakukan perjalanan dinas keluar kota tersebut. Anda sudah mencoba menolaknya namun atasan mengatakan bahwa Anda sudah dipilih sehingga tetap kamu yang akan pergi. Diluar kebosanan dalam melakukan perjalanan dinas, ternyata ada banyak manfaat perjalanan dinas yang bisa dirasakan. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Simak ! Strategi Bisnis yang Jitu Saat Pandemi

1. Keluar dari Zona Nyaman

Satu yang pasti, bepergian urusan bisnis/dinas ke luar kota merupakan kesempatan untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Anda akan dihadapkan pada situasi-situasi yang tidak biasa. Bisa jadi, suatu hari Anda akan terdampar di kota yang belum pernah Anda bayangkan akan Anda kunjungi. Bahkan, Anda tidak paham bahasanya sama sekali. Sementara, Anda harus berinteraksi dengan warga lokal. Mau tak mau, Anda harus cepat beradaptasi.

2. Meningkatkan Kreativitas

Berada di kota yang berbeda akan membuat Anda lebih fleksibel terhadap banyak hal dan tambah kreatif. Sederhana saja, jika tak paham bahasa di negara itu, mau tidak mau Anda akan berpikir keras untuk mencari tahu jalan atau memilih makanan di restoran yang semuanya tampak serupa. Ya, kan? Anda akan dipaksa bereksperimen dan berinovasi. Kebiasaan ini bisa Anda terapkan saat kembali dikota Anda.

3. Bisa Sambil Berwisata

Anda akan bisa sekalian melakukan wisata saat mendapat tugas dinas untuk pergi ke luar kota atau lain kota. Biayanya pun tak perlu Anda tanggung sendiri, sebab kantor yang akan membayarnya tapi ingat tentang tanggung jawab Anda, jangan sampai terlena.

4. Mengumpulkan Banyak Uang dan Berlibur Gratis

Anda tetap dihitung bekerja saat melakukan perjalanan dinas ini. Dengan begitu, Anda bisa merasakan suasana santai liburan sambil bekerja. Anda bisa melihat banyak hal baru di daerah yang sedang dikunjungi. Atur jadwal terlebih dahulu sebelum berpergian, agar perkerjaan pun dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Anda Lulusan Manajemen Bisnis Internasional? Baca ini

5. Makin Terbiasa Mengatasi Situasi Darurat

Perjalanan antarkota bisa mendorong kapasitas Anda dalam menangani situasi-situasi darurat dan kadang tak menyenangkan. Misalnya, suatu kali Anda tiba-tiba ditodong untuk mempresentasikan ide dalam diskusi, bagaimana menanggapinya dengan mulus tanpa persiapan? Atau harus menghadiri makan malam resmi dan sangat berbeda dengan yang biasa Anda hadiri. Kemampuan mengatasi situasi tersebut akan sangat berguna begitu Anda kembali ke rumah.

6. Ujian Singkat

Sebetulnya, perjalanan dinas singkat akan menguji seseorang lebih banyak ketimbang penugasan internasional jangka panjang. Apalagi biasanya perusahaan tidak akan membekali staf yang akan berangkat dengan latihan bahasa di negara tujuan atau informasi tentang budaya setempat. Seolah Anda akan diceburkan ke kolam baru tanpa diajari berenang. Tapi, inilah ujiannya.

7. Menjelajahi Kota Baru

Ini hal yang pasti dalam perjalanan dinas yang akan kita lakukan. Yaitu mengenal kota yang kita singgahi. Jika tugas atau pekerjaan yang harus kita selesaikan di daerah tersebut sudah selesai, dan masih ada waktu luang, kita bisa sekalian mengunjungi tempat wisata yang ada di daerah tersebut.

8. Cari Oleh-Oleh Khas Setempat

ini juga manfaat besar yang bisa Anda dapatkan dari melakukan perjalanan dinas. Pasti di tempat yang Kita kunjungi itu punya sesuatu yang khas. Jadi tidak ada salahnya Anda menyempatkan membeli oleh-oleh khas daerah yang Anda kunjungi.

Sekian artikel tentang manfaat perjanalan dinas. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Peluang Kerja Lulusan Administrasi Bisnis?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar