3 Prinsip Etika Bisnis Untuk Jadi Pengusaha Sukses
Siker.id | 15 Jun 2022 16:30


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Menjalankan sebuah bisnis memanglah tidak mudah karena harus bertahan, berkembang, dan berlangsung lama karena tidak hanya soal modal yang dimiliki. Anda juga harus memahami dan menerapkan bahwa sebuah bisnis memiliki etika bisnis.

Prinsip etika bisnis merupakan tata cara ideal dalam mengelola bisnis dengan memperhatikan norma dan moralitas. Komponen prinsip bisnis pun akan membentuk dengan adanya budaya kerja yang baik, hubungan antarkaryawan dan konsumen menjadi engage, hingga membantu sebuah bisnis mencapai tujuannya secara efektif.

Lalu apa saja prinsip etika bisnis yang harus dimiliki jika ingin jadi pengusaha yang sukses? Simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Tips Untuk Memulai Bisnis Coffee Shop

1. Kejujuran

Bisnis apa pun memerlukan kejujuran sebagai salah satu fondasinya. Sebagai seorang pemilik usaha, Anda harus bersikap jujur kepada pelanggan sehingga mereka tidak akan kecewa dan menjadi konsumen yang loyal.

2. Integritas

Integritas adalah kunci penting untuk menjaga nama baik usaha Anda. Integritas yang kuat akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan pihak lain terhadap usaha Anda. Etika bisnis ini pun tidak hanya dipenuhi oleh Anda sebagai pemilik usaha, tetapi juga orang-orang lain yang ada di dalam badan usaha Anda seperti karyawan.

Baca juga : Berikut 5 Prinsip Dalam Bekerja

3. Tanggung Jawab

Sebagai pemilik usaha, Anda perlu berhati-hati dalam setiap perkataan dan perbuatan. Anda harus mampu mempertanggungjawabkan apa yang menjadi tindakan Anda, sekecil apa pun itu.

Misal Anda menyediakan jasa logistik. Ternyata, barang yang sampai ke konsumen akhir mengalami kerusakan padahal telah mengikuti seluruh prosedur sesuai yang disarankan oleh usaha Anda. Anda pun sebaiknya ikut bertanggung jawab agar tak merusak kepercayaan konsumen.

Demikian di atas tadi adalah beberapa prinsip etika bisnis yang harus dimiliki, selain itu Anda harus bisa profesional dalam memisahkan urusan pribadi dengan urusan bisnis Anda, karena ini adalah salah satu modal kuat untuk mencapai kemajuan dari usaha Anda.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Prinsip Utama saat Punya Penghasilan Sendiri


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar