3 Landasan Utama dalam Computational Thinking
Siker.id | 24 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Landasan computational thinking (siker)

siker.id - Bahasa merupakan sarana komunikasi yang penting karena kita tidak dapat mengerti tanpa bahasa yang sama. Sebagai contoh, semua pilot di seluruh negara berkomunikasi dengan petugas di darat atau sesama pilot menggunakan bahasa Inggris. Bayangkan jika setiap pilot menggunakan bahasa ibu mereka masing masing. Sistem penerbangan dunia bisa berantakan dan hal-hal krusial akan banyak terbengkalai. Sekarang coba pikirkan bagaimana kamu bisa berkomunikasi dengan komputer, bahasa apa yang akan kamu pakai? Apa kamu tahu cara komputer berpikir dan berkomunikasi? Nah buat menjawab itu berikut ada landasan dalam penerapan computational thinking.

Baca juga: Kamu Berpikir Bekerja bisa Cepat Kaya? Ini 3 Bahayanya!

Pattern recognition

Pattern recognition artinya mencari pola yang serupa. Apabila kamu menemukan masalah pada software, tentu kamu akan mengecek bagian updates dari laptopmu agar masalah serupa tidak akan muncul lagi, pastikan semua perangkat lunak yang digunakan telah diperbaharui dengan versi terkini. Apabila memang masalah di laptop kamu berasal dari hardware, apakah perangkat keras yang lain berfungsi dengan baik? Pastikan semua tombol keyboard berfungsi dengan baik, lalu tombol daya serta pengeras suara. Pastikan kamu mengecek fungsi semua perangkat keras yang dapat kamu periksa.

Algorithms

Algoritma merupakan langkah terakhir untuk meminimalisir masalah yang sama terjadi. Hal yang membuat mousepad tidak berfungsi harus menjadi hal yang kamu hindari. Sebagai contoh, apabila masalahnya berakar dari updates yang tertunda, maka melakukan pembaharuan perangkat lunak secara berkala adalah hal yang harus kamu lakukan untuk masa yang akan mendatang. Hal ini akan membantumu untuk tidak jatuh ke masalah yang sama lebih dari satu kali.

Baca juga: Berikut Tips agar Mampu Berpikir Kritis

Decomposition

Decomposition artinya penguraian. Sebagai contoh, mousepad di laptop tiba-tiba tidak berfungsi. Tentu kamu paham bahwa laptop terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras. Masalah dari perangkat lunak bisa ditimbulkan dari laptopmu yang mungkin belum menggunakan versi terbaru driver keluaran pabrikan, apabila masalah tersebut ternyata dari perangkat lunak, kamu bisa mengecek bagian updates dari komputermu lalu melakukan restart. Penguraian masalah ini tidak hanya tertutup hanya untuk barang elektronik, semua masalahmu bisa dipecahkan bila kamu menguraikannya secara detail.

Sekian artikel tentang tiga landasan utama dalam computational thinking. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Cara Berpikir Dewasa tentang Persaingan di Dunia Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar