icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips agar Mampu Berpikir Kritis
Siker.id | 30 Mar 2022 17:30


Bagikan ke
Tips mampu berpikir kritis. (siker)

siker.id - Mahasiswa kerap dituntut kritis dan bisa memecahkan masalah sejak di bangku kuliah. Ini dilakukan agar mereka tidak kaget atau terkejut saat menghadapi peliknya masalah di kehidupan nyata terutama di dunia kerja?usai lulus kuliah nanti.

Salah satu dari kompetensi yang esensial adalah kemampuan memecahkan masalah secara kompleks. Pemecahan masalah membutuhkan kemampuan berpikir secara kritis agar dapat menghasilkan solusi terbaik.

Berpikir kritis dan pemecahan masalah secara kompleks menempati urutan teratas dalam daftar keterampilan yang akan semakin berkembang dalam 5 tahun kedepan. Individu yang dapat berpikir secara kritis diyakini memiliki daya saing yang tinggi.

Lalu, apa definisi berpikir secara kritis itu? Berpikir kritis merupakan kegiatan mengevaluasi, mengidentifikasi informasi faktual dan membangun interpretasi yang rasional untuk pembentukan solusi yang efektif. Namun demikian, tidak semua orang mampu mengasah keterampilan berpikir kritisnya dengan baik. Berikut ini beberapa tips untuk mengasah keterampilan berpikir kritis:

Baca juga: Berikut 4 Jenis Pelatihan Skill Karyawan

Menelaah hal lebih jauh.

Kunci utamanya adalah tidak mudah puas dengan satu fakta yang ada dan dapat menghindari dari kesombongan diri.

Jadilah seorang pendengar yang aktif.

Menyimak tidak hanya sekedar mendengar apa yang tengah didiskusikan. Sehingga kita dapat memahami perspektif orang lain dan dapat membangun komunikasi yang interaktif.

Bekerja secara sistematis.

Mempertimbangkan segala aspek yang diperlukan dari perspektif yang lebih luas membantu dalam menemukan solusi terbaik dan menghindari sesat dalam berpikir.

Baca juga: Berikut 4 Skill IT yang Banyak Dicari Perusahaan

Ajukan Pertanyaan yang Mendasar

Menanyakan sesuatu yang semua orang sudah tahu bisa memalukan memang. Tapi kalau kamu ingin melatih kemampuan berpikir kritis, kamu harus siap menahan malu. Siapa tahu dari pertanyaan bodoh muncul solusi kreatif.

Menanyakan kenapa sebuah apel bisa jatuh dari pohon bisa dibilang membuat orang terlihat bodoh. Tapi tanpa berpikiran seperti itu, Isaac Newton tidak akan menemukan teori gravitasi. Kalau tidak ada yang bertanya kenapa burung bisa terbang, mungkin pesawat terbang belum diciptakan sampai sekarang.

Jangan takut terlihat bodoh, semua orang kritis pasti pernah terlihat bodoh. Pertanyakan segala sesuatu yang membuatmu penasaran.

Perbanyak Baca Buku

Buku, terutama buku nonfiksi adalah argumen yang dipersembahkan secara terstruktur. Ada bagian pembuka, pembahasan, penutup. Ada bagian teori, contoh, implementasi.

Seorang penulis buku harus melakukan proses berpikir kritis yang sangat panjang untuk bisa menghasilkan buku tersebut. Dia harus mengumpulkan teori-teori yang sudah ada lalu mempersembahkannya dengan cara yang terstruktur. Membaca bukunya berarti melatih pemikiranmu karena kamu mencoba memahami argumen yang dia bawa.

Sekian artikel tentang tips mampu berpikir kritis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja 2022


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar