3 Dampak Dari Self Sabotage Pada Karir
Siker.id | 22 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Self sabotage atau sabotase diri merupakan salah satu perilaku dimana yang menyebabkan masalah sehari-hari atau membuatmu sulit mencapai tujuan jangka panjang. Perilaku ini juga dapat menghambat dalam pengembangan karir, maka dari itu kamu harus bisa menghindari perilaku self sabotage ini. 

Beberapa contoh dari perilaku self sabotage seperti menunda-nunda pekerjaan, terlalu perfeksionis dalam bekerja, perilaku-perilaku tersebut bisa memberikan dampak yang buruk untuk kamu, lho. Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan dari self sabotage.

Baca juga : 3 Dampak Buruk Bekerja Lembur

1. Berdampak buruk untuk karier dan kesehatan

 

Misalnya, menunda-nunda pekerjaan hari ini. Alih-alih fokus menyelesaikan tugas, malah sibuk mengerjakan hal lain, dan pada akhirnya pekerjaan ini harus diselesaikan semalaman dengan begadang. Siklus ini terus-menerus berjalan, semua hanya karena melakukan selfsabotage berupa menunda-nunda pekerjaan. 

Begadang terus-menerus juga tak baik untuk kesehatan. Jadi, hindari perilaku sabotase diri berupa menunda-nunda, dengan begitu kesehatanmu lebih terjaga.

2. Mudah menyerah

 

Kamu adalah orang yang perfeksionis. Saat bekerja selalu berusaha memberikan yang terbaik agar mendapat hasil terbaik pula. Tentu saja, keinginan tersebut baik. Namun, ketika kadarnya berlebihan, keinginan itu bisa tak sehat.

Jadi, hindari perilaku selfsabotage ini, ya. Rasa ingin memberi yang terbaik tentu bagus, namun tetap hargai proses yang memang harus dijalani.

Baca juga : 3 Dampak Buruk Kebiasaan Ngaret

3. Gagal mendapat kesempatan mengembangkan karier

 

Ketika di kantor ada peluang untuk promosi kerja, namun ternyata kamu yang sangat perfeksionis terlalu lama dalam mengerjakan sebuah rencana dan tugas yang diberikan oleh atasanmu dan juga sudah melebihi deadline. Kamu gagal mendapatkan kesempatan tersebut hanya karena mendahulukan sifat perfeksionismu yang menghambat karirmu. Jadi, hindari self sabotage berupa sifat perfeksionis ini agar karirmu bisa berkembang.

Itulah dia beberapa dampak buruk yang kamu dapatkan ketika self sabotage tidak kamu buang jauh-jauh, yuk cobalah untuk hindari perilaku yang merugikan diri dan karirmu ya!

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Dampak Negatif Dari Multitasking Pada Karyawan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar