3 Dampak Negatif Dari Multitasking Pada Karyawan
Siker.id | 13 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi karyawan yang multitasking (freepik/siker.id)

siker.id - Multitasking merupakan sebuah kegiatan dengan melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Kemampuan ini sering dianggap keren jika dimiliki oleh seorang karyawan. Faktanya, kemampuan ini juga memiliki dampak buruk, lho.

Menurut penelitian, multitasking bisa mengurangi produktivitas hingga 40%. Selain itu, dampak negatif apa saja yang akan dirasakan seorang karyawan jika melakukan multitasking terus-menerus? Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Dampak Terlalu Lama Bekerja Di Depan Laptop

1. Ulasan kinerja buruk

Saat karyawan tidak berhasil mencapai target dengan menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, ia akan memiliki tinjauan atau ulasan kinerja yang buruk. Jika karyawan tidak berkontribusi untuk mencapai tujuan tertentu karena banyaknya distraksi, maka ia akan sulit mendapatkan ulasan kinerja yang baik dan memuaskan.

Untuk mengatasinya, atasan bisa memberikan pelatihan untuk karyawan terkait bagaimana cara mengatasi banyak tanggung jawab di kantor agar ia tetap bisa memenuhi standar kinerjanya.

Baca juga : 3 Dampak Buruk Kebiasaan Ngaret

2. Fungsi memori

Multitasking juga bisa memengaruhi kemampuan otak untuk menerima informasi. Salah satu pengaruh dari multitasking adalah overstimulasi fungsi otak.

Saat otak harus memperoleh terlalu banyak informasi, ia akan sulit membedakan mana yang penting dan kurang penting. Lebih lanjut, multitasking bisa menghilangkan batasan antara pekerjaan yang mendesak atau prioritas dan yang tidak.

3. Menghambat kreativitas

Orang yang memiliki kebiasaan multitasking ternyata juga sering kali memiliki keterbatasan untuk memikirkan ide-ide baru. Dalam studi di Harvard Business Review juga ditunjukkan bahwa karyawan yang sering multitasking menunjukkan kemampuan kreatif yang lebih rendah daripada mereka yang fokus pada satu aktivitas. 

Demikian beberapa dampak negatif yang dirasakan seseorang jika memiliki kemampuan multitasking, selain itu juga dapat menyebabkan stress atau burnout dan juga kebingungan ketika bekerja. Nah, ternyata multitasking juga bukanlah hal yang bisa kamu banggakan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Dampak Positif Modernisasi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar