Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Memakai Endorse
Siker.id | 30 Apr 2022 16:00


Bagikan ke
Sebelum memakai endorse (siker)

siker.id - Endorse adalah strategi yang banyak dipakai perusahaan besar dalam memasarkan produknya. Biasanya perusahaan ini memakai public figure dalam memasarkan produk atau brandnya. Menurut warc.com, salah satu alasan mendasar endorse menggunakan selebriti atau tokoh terkemuka adalah untuk mentransfer nilai-nilai yang dimiliki mereka kepada brand. Dengan dukungan tersebut, perusahaan berharap dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Strategi endorse ini juga dapat mengurangi ancaman perusahaan dengan membantu menciptakan dan mempertahankan perhatian konsumen terhadap suatu brand. Lalu apa yang menjadi pertimbangan mendasar sebelum memakai startegi ini? Berikut ulasannya!

Baca juga: Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya

Jumlah pengikut

Jumlah pengikut atau followers seringkali menjadi hal pertama yang dipertimbangkan oleh pemilik usaha sebelum mempromosikan produknya dengan sistem endorse. Semakin banyak pengikutnya, kemungkinan besar akan semakin tinggi juga jangkauan pasarnya.

Engagement rate

Selain jumlah pengikut, engagement rate atau tingkat interaksi dengan follower juga mempengaruhi keberhasilan strategi endorse. Tingkat interaksi dinyatakan dalam bentuk persentase dengan menghitung jumlah followers yang aktif berinteraksi dibandingkan dengan total jumlah followers.

Harga

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan oleh pemilik usaha adalah harga karena setiap figur publik memiliki rate card yang berbeda-beda. Bisanya, mereka yang memiliki engagement rate tinggi akan memasang harga yang lebih tinggi juga. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan kembali dengan anggaran dan target yang ingin dicapai.

Baca juga: 4 Cara Membuat Video Marketing yang Menarik

Sosok representatif

Pemilik usaha perlu memilih sosok yang dapat mewakili produk atau layanan yang akan dipromosikan. Misalnya, ketika akan mempromosikan mainan, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih figur publik seorang ibu muda yang sudah memiliki anak. Setiap figur publik memiliki pangsa pasarnya masing-masing sehingga kamu perlu memperhatikan demografi para pengikutnya.

Sekian artikel tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai strategi pemasaran endorse. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Penerapan AIDA Marketing dalam Periklanan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar