Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya
Siker.id | 09 Nov 2021 16:30


Bagikan ke

siker.id - Divisi sales dan marketing sering kali mengalami kesalahan konsep dan dianggap sama saja fungsi dan tugas kerjanya. Padahal, ada perbedaan antara sales dan marketing.

Meskipun sales dan marketing sama-sama merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target keuntungan, sales dan marketing memiliki fokus yang sama sekali berbeda.

Bagi kamu yang baru lulus kuliah dan masih bingung menentukan fokus karier antara kedua bagian ini, tepat sekali untuk membaca artikel ini. Pasalnya, Siker akan membahas beberapa perbedaan sales dan marketing.

Dengan begitu, kamu bisa lebih menyesuaikannya dengan minat dan kemampuanmu.

Sales merujuk pada semua aktivitas penjualan barang dan jasa. Orang yang bertugas di divisi sales memiliki tanggung jawab menjaga hubungan dengan calon klien yang akhirnya berujung pada penjualan.

Sementara itu, marketing meliputi segala hal yang membantu meningkatkan ketertarikan pada barang dan jasa yang dijual.

Departemen marketing memiliki tanggung jawab menjalankan campaign untuk menarik perhatian pada barang dan jasa yang dijual.

Agar lebih memahami perbedaannya secara komprehensif, berikut ulasan lengkapnya mengenai beberapa perbedaan antara sales dan marketing.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kualitas Karyawan? Lakukan Cara Ini!

1. Strategi

Pada strategi marketing, para pemasar atau marketer akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memutuskan untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan atau dijual karena telah mengetahui kualitas dan brand produk tersebut.

Sedangkan strategi sales yaitu mereka tidak terlalu mementingkan bagaimana cara untuk menjaga citra dari brand tersebut, tetapi mereka lebih fokus kepada bagaimana cara mereka menawarkan produk ke target pasar dengan cara menginformasikan apa saja yang menjadi kelebihan produk tersebut supaya konsumen dapat tertarik untuk membeli produknya.

Yang lebih menarik lagi yaitu salesman tidak pernah memikirkan apakah pelanggan merasa terpuaskan atau tidak, yang terpenting bagi salesman adalah produk tersebut laku terjual dan dapat memenuhi target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

2. Hubungan dengan Pelanggan

Perbedaan lain di antara keduanya yaitu hubungan antara sales dengan pelanggan hanya sebatas dalam proses transaksi jual beli, selebihnya sales tidak bertanggungjawab lagi dalam menjaga hubungan yang baik atau jangka panjang dengan pelanggan.

Namun sebaliknya, hubungan antara marketing dengan pelanggan haruslah tetap terjaga dari proses sebelum melakukan transaksi sampai dengan setelah melakukan transaksi agar dapat menjaga loyalitas konsumen terhadap perusahaan atau bisnis.

Sebuah perusahaan tidak akan sukses dalam memenangkan persaingan pasar apabila hanya mengandalkan sales. Tetapi, sales yang baik juga tidak akan tercipta apabila tidak didukung dengan strategi yang tepat.

Sebuah perusahaan tentunya dapat melakukan penjualan, namun sebuah perusahaan belum tentu dapat merencanakan strategi pemasaran yang dapat memuaskan kebutuhan serta keinginan dari para pelanggannya.

3. Proses Kerja

Perbedaan sales dan marketing yang berikutnya terlihat dari proses kerja. Tim sales akan menghadapi langsung konsumen. Sales bisa saja langsung datang ke lokasi calon konsumen atau pembeli, menghubungi lewat telepon, dan bisa juga bertemu di sebuah acara atau kegiatan.

Pada beberapa jenis perusahaan, bahkan tim sales harus melakukan pendekatan dan perlakuan yang berbeda pada tiap konsumen karena proses kerjanya memang berupa aktivitas langsung. Supaya tim sales bisa melakukan penjualan, ada tim marketing yang melakukan analisis pasar, termasuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen.

Perbedaan sales dan marketing, tim marketing menyiapkan tools dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan. Sedangkan, tim sales yang bertugas melayani para calon customer ini agar produk bisa laku terjual.

Tim marketing perlu membayangkan kembali produk yang sudah pernah sukses laku di pasaran sebelumnya, cara promosi, dan kelebihan produk sebelumnya untuk bisa merancang strategi yang akan dipakai saat memasarkan produk.

Baca juga: Bagaimana Perlindungan Hukum Untuk Pekerja Anak?

4. Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang kerja dan durasinya juga bisa menggambarkan perbedaan sales dan marketing. Pekerjaan tim sales cenderung bersifat short term sementara tim marketing tentu lebih long term karena harus menjaga hubungan dan membina relasi yang harmonis dengan para partner bisnis serta vendor yang terkait pemasaran produk.

Lingkup pekerjaan marketing termasuk market research, public relations, dan customer satisfaction. Sementara itu, ruang lingkup pekerjaan tim sales adalah meyakinkan calon customer untuk terus merasakan kebutuhan akan produk yang Anda jual.

5. Prioritas dan Fungsi

Dalam prioritas kerja, perbedaan sales dan marketing dapat dilihat dari target kegiatan. Prioritas marketing yaitu mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang baik sehingga mereka setia. Jika konsumen atau pelanggan Anda banyak, maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat.

Adapun fungsi dari sales adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang dicari. Dari prioritas dan fungsi keduanya, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya sales dan marketing ini merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan bersinergi.

6. Tujuan

Perbedaan selanjutnya yang sangat terlihat adalah mengenai tujuannya. Dalam marketing atau pemasaran, tim wajib menjaga brand image produk atau perusahaan. Sehingga keputusan konsumen untuk membeli produk karena mengetahui kualitas atau brand produk tersebut.

Sedangkan, dalam bidang sales atau penjualan, menjaga brand bukanlah hal yang penting. Tujuan sales adalah produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi.

7. Aktivitas Kerja dan Target

Goal atau target juga menjadi salah satu faktor perbedaan yang perlu Anda ketahui sebelum memilih salah satu bidang ini. Perbedaannya tersebut menuntut tipe pekerja yang berbeda pula. Dengan aktivitas marketing yang sebagian ada di belakang layar, maka Anda yang suka menganalisis, cukup punya kesempatan di bidang ini.

Bagi Anda yang senang berurusan langsung dengan customer dan tidak ragu untuk beramah tamah setiap saat dengan calon klien atau customer, maka masuk tim sales akan semakin mengasah potensi yang Anda punya.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu lebih banyak tentang perbedaan sales dan marketing baik dari segi tugas, prioritas, alur dan aktivitas kerja, serta target yang harus dicapai masing-masing divisi.

Sekian artikel Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar

 


Editor: Bagus -

0     0    

Komentar