Berikut Ini Tugas Dari Marketing Communication
Siker.id | 07 Dec 2021 22:00


Bagikan ke
Tugas marketing communication memiliki banyak tugas dan tanggung jawab. (siker)

siker.id - Marcom atau Marketing Communication adalah salah satu profesi pekerjaan yang dianggap bisa sangat vital untuk perkembangan perusahaan. Ini karena gambaran pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang marcom erat kaitannya dengan income perusahaan. Tidak heran bila marcom sering dianggap pekerjaan bergengsi bagi beberapa orang. Nah bagi Anda yang baru saja masuk ke dalam dunia kerja, mencari tahu apa tugas marketing communication dalam suatu perusahaan adalah hal yang sangat diharuskan. Apalagi bila Anda memang mengincar posisi tersebut. Berikut ini tugas dari seorang marketing communication!

Baca juga: Apa Pengertian dan Tugas Business Development?

Pengertian Marketing Communication

Marketing communication adalah segala pesan dan media yang disampaikan perusahaan dalam upaya berkomunikasi dengan pasar. Bentuknya bisa bermacam-macam. Mulai dari iklan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, kegiatan-kegiatan PR, presentasi sales, sponsor, aktivitas online, dan lainnya. Hal paling penting dalam konsep marketing communication adalah cara pemasaran kepada segmen yang disasar. Apabila pemasaran yang dilakukan cukup menarik, kamu tak hanya mendapatkan kemungkinan produk laku terjual, tapi pelanggan pun akan kembali lagi untuk membeli.

Tugas Marketing Communication

1. Membuat Materi Pemasaran

Marketing Communication membuat semua materi pemasaran yang didistribusikan ke pelanggan, termasuk buletin, email, dan brosur. Mereka juga dapat bekerja dengan tim desain untuk membuat materi lain seperti video.

2. Mendistribusikan Materi Pemasaran

Setelah materi pemasaran dibuat untuk kampanye pemasaran tertentu, Marketing Communication bertanggung jawab untuk mendistribusikannya melalui saluran yang sesuai.

Baca juga: Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya

3. Mampu Melakukan Promosi

Seorang Marketing Communication adalah mereka yang harus pandai dalam proses promosi suatu produk perusahaan. Ini merupakan aktivitas penjualan produk dan sifatnya bisa jangka panjang atau pendek tergantung pada kebutuhan perusahaan serta strategi yang sudah dibuat. Seorang marcom memiliki skill persentasi yang tinggi sehingga promosi yang dilakukan diharapkan bisa memberikan efek positif.

4. Mengiklankan Produk

Ini sama halnya seperti promosi namun bedanya adalah dalam bentuk representasi pada produknya yang tidak diiklankan secara langsung, melainkan menggunakan media yang ada, seperti social media facebook, instagram dan yang lainnya. Seorang Marketing Communication harus mampu mengiklankan produk suatu perusahaan dengan baik.

5. Melacak Performa Kampanye Pemasaran

Setelah kampanye pemasaran berhasil dilakukan, Marketing Communication akan melacak kinerja mereka. Mereka melacak metrik seperti keterlibatan pelanggan dan rasio konversi untuk mengidentifikasi cara yang dapat mereka tingkatkan selama kampanye pemasaran di masa mendatang.

6. Melaporkan Kampanye Pemasaran

Spesialis Marketing Communication bertanggung jawab untuk melaporkan kinerja kampanyenya. Mereka menganalisis data dan membuat presentasi tentang analisis itu untuk disampaikan ke manajemen atas.

7. Bernegosiasi Secara Langsung

Seorang marketing communication adalah orang yang harus bisa melakukan proses negosiasi secara langsung alias tatap muka dengan para pembeli. Saat negosiasi, jangan sampai Anda malah kebingungan apa yang harus dilakukan. Inilah kenapa banyak perusahaan yang selalu memberikan pelatihan sebelum karyawan baru turun ke lapangan agar bisa membiasakan diri saat akan bernegosiasi secara langsung.

Sekian artikel tentang tugas seorang marketing communication. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips Menjadi Sales Sukses, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar