Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Ini Skill Yang harus Dikuasai Oleh Marketing
Siker.id | 07 Dec 2021 21:30


Bagikan ke
Menjadi seorang marketing handal, Anda perlu memiliki beberapa skill utama untuk mendukung pekerjaan Anda. (siker)

siker.id - Posisi tim marketing di sebuah perusahaan, startup, industri, maupun bentuk bisnis lainnya sangatlah penting. Mereka yang menjadi bagian dari tim ini memiliki tanggung jawab besar dalam pengembangan dan kemajuan, serta tentunya dalam kesuksesan penjualan produk, baik jasa, atau juga barang. Anda pasti sering mendengar soal skill yang harus dimiliki marketing seperti kemampuan dalam memasarkan produk, bukan? Sebenarnya, secara rinci, keahlian yang harus dimiliki lebih dari sekedar memasarkan produk saja. Berikut ini beberapa skill yang harus dikuasai oleh seorang marketing!

Baca juga: Ingin Menjadi Marketing yang Sukses? Baca ini

1. Mampu Menganalisis Pasar

Menganalisis pasar adalah dasar dari pekerjaan seorang marketer. Tidak mengetahui pasar, tidak paham akan kompetitor dan pembeli, bisa membuat pekerjan marketing menjadi sia-sia. Oleh karena itu, kemampuan ini menjadi skill marketing yang sangat diperlukan.

2. Mampu Melakukan Riset

Kebiasaan masyarakat yang dapat terukur membuat riset menjadi satu skill marketing yang diperlukan. Dengan kemampuan riset, seorang marketer pasti akan selalu mempertimbangkan keputusannya dengan matang. Proses riset bagi marketer bisa dilakukan untuk kegiatan apa saja dan kapan saja. Mulai cara berinteraksi dengan pembeli secara online, hingga menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan analisis pasar.

3. Paham Tentang Customer Experience

Keahlian selanjutnya berhubungan dengan interaksi bersama pelanggan dan biasanya terkait pada customer journey, user interaction, juga dalam hal user experience. Biasanya perusahaan akan menggunakan perangkat yang mampu membantu memenuhi ketiga sesi tersebut.

4. Mengerti Public Speaking

Marketing juga akan sangat berhubungan dengan kemampuan dalam public speaking, atau keahlian berbicara di depan publik dengan lancar. Dalam berinteraksi dengan banyak orang dan bersama customer membutuhkan keahlian yang satu ini.

Baca juga: Marketing dan Sales itu Berbeda? Simak Faktanya

5. Kreatif

Marketing bisa menjelajahi segala bidang. Maka dari itu, seorang marketer perlu menjadi seorang yang kreatif agar dapat memberi ide-ide segar dalam promosinya. Ide tersebut yang akan digunakan sebagai solusi bagi pelanggan maupun perusahaan.

6. Kemampuan beradaptasi

Selain memiliki pemikiran kreatif, seorang marketer juga perlu memiliki kemampuan untuk mudah beradaptasi. Sehingga Anda dapat mudah beradaptasi dengan tantangan baru, begitu pula dengan rencana baru. Tentunya, dengan semangat dan tekad yang selalu kuat.

7. Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan ini dapat memperlancar komunikasimu dengan pengguna atau audience. Karena selain bertugas membangun citra perusahaan, kamu juga berperan dalam menjembatani pengguna dengan perusahaan.

8. Kemampuan Memasarkan Melalui Media Sosial

Platform media sosial menjadi alat utama bagi seorang marketer. Kemampuan untuk mendatangkan dan dilihat oleh banyak orang membuatnya jadi pilihan jitu bagi seorang marketer dalam memasarkan produk dan layanan. Meski demikian, kemampuan yang amat luas membuat penggunaan media sosial harus diimbangi dengan pengetahuan. Ini karena media sosial memiliki tipe pengguna berbeda dan untuk memanfaatkannya, perlu strategi yang berbeda pula.

Sekian artikel tentang skill yang harus dikuasai seorang marketing. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Pengertian dan Tugas Seorang Digital Marketing


Editor: Theo Adi -

     

Komentar